Kompas.com - 16/06/2013, 08:54 WIB
EditorErvan Hardoko

TEHERAN, KOMPAS.com — Kemenangan ulama moderat Hassan Rowhani dalam pemilihan presiden Iran, Sabtu (15/6/2013), oleh sebagian kalangan dinilai sebagai kemenangan atas ektremisme. Kemenangan ini juga memunculkan harapan perbaikan citra Iran di dunia internasional.

Meski ribuan warga Iran turun ke jalan merayakan kemenangan Rowhani, hasil ini tak langsung memperbaiki hubungan Iran dengan dunia Barat.

Pasalnya, masalah-masalah krusial, seperti program nuklir Iran dan dukungan negeri itu atas Suriah, masih merupakan wewenang pemimpin tertinggi Ayatollah Ali Khamenei.

Meski demikian, Rowhani tetap melihat kemenangannya sebagai sebuah kesempatan untuk memperbaiki Iran.

"Kemenangan ini adalah kemenangan sebuah kebijakan, kemenangan kelompok moderat, kemenangan sebuah komitmen atas ektremisme," kata Rowhani kepada televisi nasional.

Rowhani juga berjanji untuk bekerja bagi seluruh bangsa Iran, termasuk kelompok garis keras yang baru saja dikalahkannya.

"Saya dengan hangat menjabat tangan kelompok moderat, reformis, dan garis keras," ujarnya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Lebih lanjut Rowhani mengatakan bahwa terdapat kesempatan baru di arena internasional untuk mereka yang benar-benar menghormati demokrasi dan kerja sama serta negosiasi bebas.

Sementara itu, pemimpin spiritual Iran, Ayatollah Ali Khamenei, memberikan selamat kepada bangsa Iran atas lancarnya pemilihan presiden dan antusiasme warga memberikan suara mereka.

"Pemenang sesungguhnya dalam pemilihan presiden kemarin (Jumat) adalah seluruh rakyat Iran yang mampu mengambil langkah pasti dengan bantuan Tuhan," ujar Khamenei.

Pemilihan presiden Iran yang digelar pada Jumat (14/6/2013) diikuti 70 persen lebih dari 50 juta warga yang memiliki hak pilih.

Rowhani berhasil meraup lebih dari 50 persen suara, unggul jauh dari juara kedua Mohammad Baqer Qalibaf, wali kota Teheran yang hanya mendapat dukungan 16 persen warga Iran.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.