Kompas.com - 15/06/2013, 07:07 WIB
|
EditorPalupi Annisa Auliani

VIDIN, KOMPAS.com — Sebuah jembatan baru diresmikan, Jumat (14/6/2013), menghubungkan Bulgaria dan Romania. Jembatan ini adalah jembatan kedua yang menyeberangi Sungai Danube. Memiliki panjang 500 kilometer, Sungai Danube merupakan perbatasan resmi kedua negara yang saling berbatasan di kawasan Balkan ini.

Jembatan tersebut dibangun untuk mendorong perekonomian kedua negara miskin di Eropa Timur yang kini masuk dalam Uni Eropa. Kantor berita AP melaporkan, jembatan yang persisnya menghubungi kota Vidin di Bulgaria dan Calafat di Romania ini dibuka resmi dalam sebuah acara yang dihadiri para politisi dari kedua negara dan sejumlah pejabat Uni Eropa. Diharapkan, jembatan akan mendorong pergerakan manusia dan ekonomi yang kemudian mendorong perekonomian kedua negara dan Uni Eropa.

Dibangun dengan biaya 282 juta euro, setara Rp 3 triliun, pembangunan jembatan dibantu Uni Eropa sekitar 106 juta euro. Kedua negara bekas sekutu Uni Soviet di Eropa Timur ini bergabung dengan Uni Eropa pada 2007. Selebihnya, biaya pembangunan jembatan didapatkan dari anggaran kedua negara dan investasi swasta.

Pembangunan jembatan ini juga bagian dari trasportasi Pan Eropa koridor IV yang menghubungkan Dresden, Jerman, hingga Thessaloniki, kota pelabuhan di Laut Aegean. Perjalanan Pan Eropa akan berakhir di Istanbul, Turki.

Jembatan kerangka baja dan kabel ini memiliki dua lajur pada tiap sisi jembatan, jalur kereta api, dan dua jalur pejalan kaki dan sepeda. Panjang jembatan ini keseluruhan sekitar 3,598 kilometer dengan ketinggian 1,791 meter di atas permukaan sungai. Jembatan pertama yang menyeberangi Sungai Danube dibangun pada 1954, menghubungkan Ruse di Bulgaria dan Giurgiu di Romania.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X