Kompas.com - 14/06/2013, 16:54 WIB
EditorErvan Hardoko

ANKARA, KOMPAS.com — Perdana Menteri Turki Recep Tayyip Erdogan, Jumat (14/6/2013), setuju untuk menunda pembangunan ulang Taman Gezi, Istanbul, yang menjadi pemicu aksi unjuk rasa anti-pemerintah selama dua pekan terakhir ini.

Langkah Erdogan yang ditanggapi positif para pengunjuk rasa ini menjadi langkah nyata pertama untuk mengurangi ketegangan antara pemerintah dan pengunjuk rasa dalam aksi massa terbesar dalam satu dekade pemerintahan Erdogan.

"Sebuah hasil positif malam ini, Perdana Menteri akan menunda proyek ini (pembangunan Taman Gezi) hingga keputusan pengadilan lebih lanjut," kata juru bicara kelompok solidaritas Taksim, Tayfun Kahraman.

Keputusan Erdogan untuk menunggu keputusan pengadilan dinyatakan sebagai kemenangan kelompok anti-pemerintah, yang sebelumnya menolak tawaran referendum dari Erdogan terkait masalah penggusuran taman.

Setelah menggelar rapat darurat selama empat jam, Wakil PM Huseyin Celik mengatakan, pemerintah akan menghormati apa pun keputusan pengadilan nantinya.

"Namun, pengunjuk rasa di Taman Gezi harus membubarkan diri sekarang," ujar Celik.

Proses pengadilan diduga akan menghabiskan waktu beberapa bulan. Sementara itu, penyelidikan akan digelar keputusan menggunakan kekuatan polisi berlebihan untuk menangani pengunjuk rasa di berbagai kota Turki.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sebuah aksi duduk untuk menyelamatkan 600 pohon Taman Gezi yang akan ditebang mendapat tanggapan keras dari kepolisian Turki pada 31 Mei lalu.

Situasi tersebut kemudian memicu aksi massa besar-besaran menentang Erdogan dan partainya Partai Pembangunan dan Keadilan (AKP), yang dinilai semakin otoriter.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.