Kompas.com - 12/06/2013, 17:47 WIB
|
EditorGlori K. Wadrianto

KUPANG, KOMPAS.com — Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) tidak ingin tergesa-gesa menyimpulkan penyebab kecelakaan pesawat Merpati jenis MA-60 di Bandara El Tari Kupang, Senin lalu.

Mereka butuh waktu sekitar satu tahun guna memastikan penyebab kecelakaan itu. Juru Bicara KNKT, Kapten Chaerudin, di Kupang, Rabu (12/6/2013), mengatakan, spekulasi-spekulasi mengenai penyebab kecelakaan Merpati tidak bisa memengaruhi hasil penyelidikan tim KNKT.

"Kotak hitam sudah berada di Jakarta. Tim KNKT sedang melakukan penyelidikan untuk itu," kata Chaerudin.

Tidak ada kesimpulan awal yang disampaikan KNTK meskipun sejumlah pemberitaan menyebutkan penyebab kecelakaan akibat benturan sangat keras saat Merpati mendarat.

"Setiap orang punya hak untuk menyampaikan pendapat terkait kecelakaan itu. Tetapi, penyebab kecelakaan sesungguhnya hanya dapat dipastikan lewat kotak hitam," kata Chaerudin lagi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.