Kompas.com - 12/06/2013, 08:08 WIB
EditorEgidius Patnistik

SEATTLE, KOMPAS.com - Naveena Shine (65), perempuan warga Seattle kelahiran Inggris, mencoba membuktikan bahwa manusia dapat hidup tanpa makanan. Sebagai bukti, dia memasang kamera di setiap ruangan di rumahnya untuk memperlihatkan kepada publik bahwa dia tidak makan sejak 3 Mei lalu.

Stasiun televisi KOMO-TV memberitakan, Shine menjalani diet ketat dengan hanya minum air, teh, dan sedikit susu. ”Tujuan saya adalah memberi bukti, seandainya mungkin, bagi manusia untuk hidup, berkembang, dan berkegiatan sehari-hari tanpa makanan padat. Ini adalah penghematan untuk bumi,” ujar Shine.

Ia mengatakan, kamera-kamera di rumahnya merekam kegiatannya selama 24 jam sehari. Kalau harus bepergian, dia selalu membawa kamera portabel. ”Pasti ada suatu titik, yang menentukan apakah Anda akan kelaparan dan mati, atau menciptakan cara hidup yang baru,” ujarnya.

Dokter Rich Lindquist dari Rumah Sakit Swedia mengatakan, Shine mungkin bisa bertahan hingga tiga bulan hanya dengan minum teh dan air. ”Orang dapat bertahan hidup hingga beberapa waktu, tetapi orang tetap membutuhkan makanan untuk hidup. Untuk waktu lebih lama, jika Anda tidak makan, Anda akan meninggal dunia,” ujar Lindquist.

Shine mengatakan, dia akan menghentikan eksperimen itu jika merasa kesehatannya dalam bahaya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.