Kompas.com - 10/06/2013, 16:26 WIB
EditorErvan Hardoko

TEHERAN, KOMPAS.com — Salah seorang kandidat calon presiden Iran, Hassan Rohani, kemungkinan besar akan dicoret karena mengungkap "informasi rahasia" terkait program nuklir negeri itu. Demikian media massa Iran melaporkan, Senin (10/6/2013).

Dewan Penegak Revolusi Iran akan memutuskan apakah akan mendiskualifikasi Rohani menjelang pemungutan suara yang dijadwalkan akan digelar Jumat (14/6/2013).

Kantor berita Mehr, mengutip sumber yang tak ingin disebut namanya, mengabarkan, Rohani telah mengungkapkan informasi yang dianggap rahasia terkait program nuklir dalam sebuah debat capres di televisi.

Dalam debat itu, Rohani, yang adalah perunding masalah nuklir di masa Presiden Mohammad Khatami, mengkritik langkah keras yang diambil Pemerintah Iran terkait kebijakan program nuklir.

Di antara delapan kandidat presiden yang disahkan Dewan Penegak Revolusi, Rohani adalah kandidat dari kalangan moderat paling kuat yang diperbolehkan mencalonkan diri, sedangkan kandidat lainnya berlatar belakang garis keras dan konservatif.

Di antara para calon presiden terdapat perunding nuklir Iran Saeed Jalili, anggota parlemen Gholam Ali Haddad Adel, mantan Menteri Luar Negeri Ali Akbar Velayati, dan Wali Kota Teheran Bagher Qalibaf.

Semua kandidat ini adalah pendukung setia pemimpin spiritual Iran, Ayatollah Ali Khamenei.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

 

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.