Kompas.com - 08/06/2013, 17:14 WIB
EditorEgidius Patnistik

VATIKAN, KOMPAS.com - Paus Fransiskus mengungkapkan bahwa ia tidak pernah ingin menjadi paus dan bahwa dirinya tinggal di hotel Vatikan demi kesehatan "kejiwaannya".

Fransiskus memperlihatkan sebuah sisi personal dan spontan saat bertemu dengan ribuan anak dari sejumlah sekolah Jesuit di Italia dan Albania, lapor kantor berita Australia, AAP, Sabtu (8/6). Fransiskus mengabaikan sambutannya yang telah disiapkan. Ia mengejutkan anak-anak itu dengan bertanya apakah ada dari mereka yang ingin mengajukan sejumlah pertanyaan terhadap dirinya.

Sejumlah anak pun bertanya dan ia menjawab mereka satu per satu. Fransiskus mengatakan kepada mereka, keputusan menjadi seorang imam merupakan sesuatu yang sulit dan bahwa ia telah mengalami konflik-konflik batin.

Dia menjelaskan kepada seorang anak lain bahwa ia memilih tinggal di sebuah kamar lapang di hotel Vatikan, ketimbangan di apartemen kepausan, karena tinggal sendirian atau terisolasi tidak cocok buat dirinya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



Video Pilihan

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.