Kompas.com - 06/06/2013, 23:30 WIB
EditorErvan Hardoko

DAMASKUS, KOMPAS.com — Pemimpin Al Qaeda, Ayman al-Zawahiri, Kamis (6/6/2013), menyerukan agar umat Muslim Sunni bersatu dan bergabung dalam perang Suriah untuk menumbangkan Presiden Bashar al-Assad dan mencegah pemerintah baru dukungan AS berkuasa di Suriah pasca-Assad.

Menurut laporan kantor berita Associated Press, Zawahiri mengajak umat Sunni di seluruh dunia untuk mendedikasikan hidup, harta, dan pengalaman mereka untuk bertempur melawan rezim Bashar al-Assad.

Zawahiri juga menekankan agar umat Sunni mengesampingkan perbedaan di antara mereka demi memerangi meluasnya pengaruh Syiah di Suriah.

"Amerika, agen-agen, dan sekutunya ingin kalian menumpahkan darah untuk menumbangkan rezim kriminal Baath dan kemudian membentuk pemerintahan yang loyal kepada AS demi keamanan Israel," kata Zawahiri seperti dikutip Reuters.

Pesan Al-Zawahiri ini muncul dalam sebuah rekaman berdurasi 22 menit di situs internet yang biasa digunakan Al Qaeda untuk menyampaikan berbagai pernyataan mereka.

Ayman al-Zawahiri, ulama kelahiran Mesir ini, menjadi pemimpin Al Qaeda setelah kematian Osama bin Laden pada 2011.

Pesan radio terakhir Zawihiri tercatat pada April lalu saat dia mendesak umat Islam untuk mendirikan negeri Suriah yang berdasarkan hukum Islam.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

 



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.