Pasukan Suriah Tewaskan Tiga Orang Barat, Dua di Antaranya Muslim

Kompas.com - 31/05/2013, 17:07 WIB
EditorErvan Hardoko

DAMASKUS, KOMPAS.com — Organisasi pengamat HAM Suriah menyatakan, pasukan Pemerintah Suriah menewaskan tiga warga Barat, termasuk seorang perempuan AS dan pria Inggris—keduanya Muslim, di Provinsi Idlib dekat perbatasan Mesir, Kamis (30/5/2013) malam.

"Mereka ditembak dalam sebuah penyergapan di Idlib dan pasukan pemerintah menemukan mereka membawa peta dengan posisi pasukan," kata Direktur Pengamat HAM Suriah, Rami Abdel Rahman.

Ketiga warga Barat itu tampaknya sedang mengambil foto posisi militer pemerintah di jalanan dekat Harim, di dekat perbatasan Turki.

"Korban ketiga belum diketahui berasal dari mana," tambah Rahman.

Kementerian Luar Negeri AS kepada AFP hanya mengatakan sudah mengetahui kabar terbunuhnya tiga warga Barat di Suriah.

Para diplomat Ceko di Suriah membantu AS untuk mencari lebih banyak informasi.

"Dalam kasus semacam ini, kami bekerja sama dengan kawan-kawan dari Ceko di Suriah untuk mencari informasi lebih banyak. Dan, kami berterima kasih atas bantuan para diplomat Ceko," kata seorang petinggi Kemenlu AS.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sementara itu, dari kabar yang beredar di lapangan, perempuan AS yang tewas itu berusia 33 tahun dan berasal dari Michigan.

Perempuan itu berada di Suriah untuk bergabung dengan kelompok oposisi yang memerangi Presiden Bashar Al-Assad.

Bibi perempuan yang diketahui bernama Nicole Mansfield itu mengatakan, FBI sudah memberi informasi soal kematian keponakannya itu. Namun, dia mengatakan, FBI tidak menjelaskan penyebab kematiannya.

"Saya sangat terpukul. Dia di sana bertempur bersama pasukan oposisi," kata Monica Mansfield Speelman.

Monica mengatakan, keponakannya itu memiliki putri berusia 18 tahun. Dia memeluk Islam sekitar lima tahun lalu, tetapi dia tidak mengetahui kapan keponakannya itu berangkat ke Suriah.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.