Kompas.com - 29/05/2013, 09:37 WIB
EditorEgidius Patnistik

Salah satu dari dua orang yang ditahan polisi terkait pembunuhan prajurit Lee Rigby telah dipindahkan dari rumah sakit ke tahanan kantor Polisi London Selatan. Demikian keterangan otoritas keamanan Inggris. Michael Adebowale, yang berusia 22 tahun, juga secara resmi ditangkap karena dicurigai melakukan percobaan pembunuhan terhadap seorang perwira polisi.

Para keluarga dari tersangka Michael Adebolajo menyatakan kasus pembunuhan itu "mengerikan".

Sementara seorang pria berumur 50 tahun yang ditangkap di wilayah Welling, London, pada hari Senin telah dibebaskan dengan tebusan sambil menunggu pemeriksaan lanjutan.

Prajurit Lee Rigby ditusuk berulang kali di jalanan oleh dua orang pada pekan lalu di Woolwich, London. Demikian sejumlah saksi mengatakan.

Sangat malu

Dua tersangka Michael Adebolajo, 28, dan Michael Adebowale, 22, ditembak polisi dan terluka di dekat barak militer Woolwich Barracks, Rabu lalu. Mereka adalah warga Inggris keturunan Nigeria yang disebutkan baru saja menganut Islam.

Dari tujuh orang lain yang ditangkap terkait pembunuhan ini, sejauh ini lima orang telah dibebaskan dengan tebusan serta dua orang dibebaskan tanpa adanya tuduhan.

Keluarga Adebolajo menyatakan belasungkawa kepada keluarga prajurit Lee Rigby pada Selasa dengan mengatakan, "Sebagai keluarga, kami ingin berbagi duka atas kasus pembunuhan yang mengerikan atas Lee Rigby. Kami sangat malu dan membuat susah keluarga kami atas kasus ini."

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Mereka lantas melanjutkan, "Kami ingin menyatakan secara terbuka bahwa kita yakin tidak ada tempat bagi kekerasan atas nama agama atau politik apa pun. Kami sepenuh hati mengutuk semua orang yang terlibat dalam aksi teror dan sepenuhnya menolak kekerasan atas nama agama atau politik apa pun. Tidak ada yang dapat membenarkan kekerasan semacam ini."

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.