Kompas.com - 16/05/2013, 09:53 WIB
EditorEgidius Patnistik

CHICAGO, KOMPAS.com — Pria yang dituduh telah menyekap tiga perempuan muda AS selama sekitar satu dekade di sebuah rumah di Cleveland akan menyatakan tidak bersalah atas tuduhan perkosaan dan penculikan, kata salah seorang pengacaranya. "Akan ada pernyataan tidak bersalah," kata Jaye Schlachet, pengacara untuk Ariel Castro yang telah menjadi tersangka, Rabu (15/5/2013).

Schlachet tidak menjelaskan, atas dasar apa Ariel Castro akan menyatakan bahwa dirinya tidak bersalah dalam kasus yang mengejutkan Amerika itu. Pengacara itu mendesak masyarakat untuk menahan diri dalam menjatuhkan penilaian yang terburu-buru. "Dia bukan monster dan dia tidak boleh dijelekkan oleh media," kata pengacara itu lagi.

Castro (52 tahun), yang ditahan karena tidak dapat membayar denda senilai 8 juta dollar AS, didakwa telah menculik dan memerkosa tiga perempuan selama sekitar 10 tahun. Salah satu dari perempuan itu bahkan melahirkan anak dari hasil hubungannya dengan Castro dalam penyekapan tersebut.

Para jaksa mengatakan, mereka juga dapat menuntut Castro dengan pembunuhan sejumlah bayi yang belum lahir. Setidaknya salah satu perempuan itu keguguran karena pemukulan. Kejahatan jenis itu bisa diancam dengan hukuman mati.

Michelle Knight (32 tahun), Gina DeJesus (23), dan Amanda Berry (27) dibebaskan pada 6 Mei setelah seorang tetangga mendengar panggilan minta tolong Berry dan menendang pintu rumah Castro di lingkungan kelas pekerja di Cleveland.

"Semua bukti akan diungkapkan di pengadilan," kata Schlachet. "Saya meminta masyarakat untuk tidak terburu-buru, untuk mempertimbangkan segala sesuatu sebelum menyampaikan penilaian."

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.