Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Polisi Saudi: Pengguna Twitter Rugi Dunia Akhirat

Kompas.com - 16/05/2013, 08:34 WIB

KOMPAS.com — Kepala polisi agama di Arab Saudi mengecam naiknya pengguna media sosial seperti Twitter di negara tersebut. Sheikh Abdul-Latif al-Sheikh mengatakan bahwa warga Saudi yang menggunakan Twitter akan merugi, baik di dunia maupun di akhirat.

Ini bukan untuk kali pertama Al-Sheikh melempar pernyataan soal Twitter. Pada akhir Maret lalu, di hadapan para ulama Saudi, ia menyebut Twitter sebagai medium untuk menyebar pesan-pesan yang tidak benar.

Pada hari yang sama, imam masjid di Mekkah mengatakan bahwa warga berhak untuk mengemukakan pendapat, tetapi harus dilakukan dengan hati-hati untuk melindungi integritas dan kewibawaan negara.

Pernyataan ini dipandang sebagai isyarat kekhawatiran para pejabat Saudi soal pemanfaatan Twitter oleh warga untuk membahas masalah yang sensitif mengenai politik, sosial, dan agama.

Di negara-negara Arab, Twitter antara lain dimanfaatkan untuk menggalang dukungan dan mengoordinasikan gerakan saat terjadi pergolakan politik.

Namun, banyak pula pemerintah daerah di kawasan yang memakai Twitter sebagai alat komunikasi dengan publik. Saudi diyakini sebagai salah satu negara dengan jumlah pengguna Twitter yang mengalami kenaikan paling besar di dunia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com