Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kecocokan Spesifikasi Dongkrak Penjualan

Kompas.com - 16/05/2013, 03:49 WIB

Jakarta, Kompas - Penyesuaian spesifikasi dan desain dengan karakteristik wilayah dan masyarakat menjadi kunci suksesnya pemasaran produk otomotif. Sejak diluncurkan pada Januari 2004, penjualan Toyota Avanza hingga April 2013 mencapai 1.133.203 unit.

”Avanza memang khusus didesain untuk spesifikasi Indonesia, mobil keluarga dengan tujuh tempat duduk. Disesuaikan dengan karakteristik masyarakat dan jalanan di Indonesia. Taste-nya dari Indonesia, teknologi tentunya dari Toyota,” kata Presiden Direktur PT Toyota Astra Motor Johnny Darmawan di Jakarta, Rabu (15/5).

Johnny menuturkan, selain dipasarkan di dalam negeri, Avanza juga diekspor ke 10 negara yang tersebar di Asia, Afrika, dan kawasan Amerika Latin serta Pasifik.

Dari 1.133.203 unit Avanza yang terjual selama sembilan tahun terakhir, sebanyak 963.373 unit terjual di dalam negeri dan 169.830 unit lainnya terjual ke luar negeri.

Johnny menuturkan, penyegaran produk-termasuk penambahan fitur terkait keselamatan dan kenyamanan-merupakan langkah untuk mempertahankan posisi sebagai mobil terlaris di pasar, khususnya segmen mobil multiguna (MPV).

Sebagai gambaran, segmen MPV di pasar mobil nasional meningkat cukup berarti. Total penjualan mobil di segmen MPV pada tahun 2012 tercatat 497.464 unit. Angka ini meningkat hampir dua kali lipat dibandingkan penjualan MPV di tahun 2008 yang 240.781 unit.

Awal Mei 2013, Badan Pusat Statistik merilis data bahwa industri kendaraan bermotor, trailer, dan semitrailer, merupakan industri manufaktur di Indonesia yang paling tinggi pertumbuhannya di triwulan I 2013.

Industri tersebut pada triwulan I 2013 tumbuh 27,73 persen dibandingkan triwulan I 2012. Bila dibandingkan triwulan IV 2012, industri tumbuh 12,55 persen.

Pada hari yang sama, Presiden Direktur PT Astra Daihatsu Motor (ADM) Soedirman MR, dalam peluncuran pengembangan produk Daihatsu Xenia, menegaskan, pengembangan produk itu sebagai upaya untuk meningkatkan kualitas produksi Daihatsu Xenia demi keamanan dan kenyamanan konsumen. Salah satunya adalah dengan menambah dua kantong udara di bagian depan kanan dan kiri, serta tempat duduk yang lebih tebal.

”Semua penambahan itu untuk keselamatan dan kenyamanan penumpang, disamping upaya untuk terus mempertahankan pangsa pasar Xenia di kelas MVP low. Sejak diproduksi tahun 2004, total produksi ADM (Toyota Avanza dan Xenia) sudah mencapai 1,5 juta unit. Jumlah ini setara dengan separuh produksi ADM selama 35 tahun yang mencapai sekitar 3 juta unit,” tutur Soedirman.

Ditambahkan oleh Direktur Pemasaran PT ADM Amelia Tjandra, prediksi penjualan Daihatsu selama tahun 2013 ini diperkirakan meningkat. Akan tetapi, peningkatannya tidak terlalu jauh jika dibandingkan dengan tahun 2012 yang mencapai 165.000 unit. (CAS/AST)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com