Pria Ini Selalu Melepas Waktu Makan Siang untuk Membagikan Makanan

Kompas.com - 14/05/2013, 07:30 WIB
|
EditorPalupi Annisa Auliani

SINGAPURA, KOMPAS.com — Ada yang jelas berbeda di setiap jam makan siang Tan Choon Khiang (62). Bila orang lain akan tergopoh-gopoh menggunakan waktu jeda makan siang seoptimal mungkin untuk mengisi perut, pria ini punya kegiatan yang berbeda.

Sejak 2011, Tan punya aktivitas baru di setiap jam makan siang. Dia menghabiskan waktu sekitar satu jam tersebut untuk membagikan makanan ke orang miskin, manula, dan cacat. Begitu tanda jam makan siang berdentang, dia akan mengayuh sepeda dari kantornya, Otoritas Transportasi Singapura.

Menumpang kereta angin selama 10-15 menit, pria ini akan membagikan makanan dari pintu ke pintu rumah susun yang sudah rutin dikunjunginya, Chai Chee. Sedangkan makanan yang dibagikan Tan disiapkan oleh lembaga nirlaba Wiling Hearts. Ditanya soal motivasinya, Tan menjawab dengan lugas saja, "Kalau bukan kita yang membantu, siapa lagi?"

Tan pun menegaskan tidak masalah dia harus kehilangan kesempatan makan siang. Setiap pagi dia sengaja menghabiskan sarapan porsi besar sebagai persiapan. Lagi pula, tambah dia, setiap pukul 15.00 di kantornya ada sesi tea break yang menyediakan makanan.

Menjadi relawan bukanlah sesuatu yang baru bagi Tan. Selama 22 tahun dia memimpin Residents' Committee. Dia juga selalu turun ke lapangan, mendengarkan keluhan masyarakat, yang lalu disampaikannya ke pemerintah.

Penduduk yang dibantu tidak mampu menutupi kebahagiaan mereka. Bagi mereka, sosok Tan sudah seperti keluarga sendiri. Terkadang mereka mengajak Tan duduk bersama menceritakan persoalan yang dihadapi.

Tan berharap akan lebih banyak relawan yang tergerak hatinya untuk membantu. "Saya mengerti ini bukan hal yang mudah, sudah banyak yang menolak dengan alasan keluarga, tidak ada waktu," kata dia. Tan pun bertekad melanjutkan rutinitas ini hingga benar-benar tak mampu lagi. Dia pun menyatakan menjadi relawan sudah menjadi sesuatu yang berarti bagi hidupnya, dan baginya berbuat lebih baik daripada sekadar beretorika.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.