Kompas.com - 10/05/2013, 23:12 WIB
EditorErvan Hardoko

WASHINGTON DC, KOMPAS.com - Niat mantan pebasket Dennis Rodman untuk membebaskan seorang warga AS yang dihukum kerja paksa di Korea Utara, bukan omong kosong.

Buktinya, mantan bintang Chicago Bulls itu berencana untuk kembali mengunjungi Korea Utara untuk mendesak pemimpin Korea Utara, Kim Jong Un agar membebaskan Pae Jun-ho alias Kenneth Bae warga AS berdarah Korea.

Kepada situs berita selebriti TMZ, Rodman mengatakan dia akan berangkat ke Korea Utara pada 1 Agustus mendatang.

"Saya akan kembali ke sana (Korea Utara). Saya akan mencoba membebaskan dia dari penjara," kata Rodman yang memiliki julukan The Worm itu.

"Namun, upaya ini akan sulit karena saya kira kebangsaannya, latar belakangnya. Saya kira situasinya berbeda," ujar Rodman merujuk pada darah Korea Bae yang membuat Pyongyang curiga.

Rodman menambahkan dia tidak membahas niatnya ini dengan pemerintah AS, sebab yang dilakukannya tidak berlatar belakang politik.

"Saya tidak berpolitik. Seperti yang saya katakan, dia kawan saya. Itu saja," kata Rodman tentang Kim Jong Un.

Pada Februari lalu, Rodman menjadi satu-satunya tokoh Amerika yang sudah bertemu Kim Jong Un. Dalam pertemuan itu, Rodman menyebut dirinya sebagai "teman seumur hidup" pemimpin muda Korea Utara itu.

Bahkan, Rodman dan Kim berpelukan erat usai menyaksikan pertandingan basket ekshibisi di Pyongyang.

Sebelumnya, Rodman sudah menyampaikan permintaan pembebasan Kenneth Bae yang dihukum 15 tahun kerja paksa, lewat akun Twitternya.

Kunjungannya ke Korea Utara, banyak menuai kritik karena dianggap tidak peka dengan berbagai pelanggaran yang dilakukan Korea Utara.

Namun, Rodman justru mengkritik Presiden Barack Obama yang tidak akan berkompromi dengan negeri komunis itu hingga Pyongyang setuju  untuk mengakhiri ambisi nuklirnya seperti diinginkan dunia internasional.

"Saya punya presiden berkulit hitam sekarang, tapi saya tidak bisa bertemu dengan dia. Obama tak bisa berbuat apapun," kata Rodman.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.