Kompas.com - 09/05/2013, 16:16 WIB
EditorErvan Hardoko

OHIO, KOMPAS.com — Kepolisian Ohio menuntut Ariel Castro (52) dengan tuduhuan penculikan dan pemerkosaan setelah polisi mengungkap bahwa ketiga perempuan yang diculiknya hanya diberi kesempatan keluar rumah dua kali selama 10 tahun.

Castro dijerat empat tuntutan penculikan dan tiga tuntutan perkosaan. Tuntutan perkosaan ini tidak terkait dengan keberadaan bocah berusia enam tahun yang ditemukan bersama ketiga perempuan yang disekapnya.

Polisi yakin ketiga perempuan itu hanya diizinkan meninggalkan rumah hanya dalam dua kesempatan, itu pun hanya ke garasi. Demikian kepala kepolisian Ohio Ed Tomba dalam jumpa pers.

"Mereka selalu berada di dalam rumah. Mereka tak yakin pernah keluar rumah selama 10 tahun terakhir," kata Tomba.

"Mereka tidak berada di dalam satu kamar. Namun, mereka mengenal satu sama lain dan mengetahui keberadaan satu sama lain," kata Tomba.

Namun, Tomba tidak menanggapi kabar bahwa para perempuan itu beberapa kali mengandung dan beberapa bayi mereka meninggal dunia.

Kepolisian juga merilis rekaman saat-saat dramatis ketika tim medis tiba di rumah tempat penyekapan setelah para perempuan itu dibebaskan.

Dua saudara Ariel Castro yang lain, Pedro (54) dan Onil (50), saat ini juga ditahan. Namun, kemungkinan besar mereka tidak akan dijatuhi tuntutan terkait penculikan itu.

"Belum ada bukti yang membuat kami yakin bahwa kedua orang ini terlibat atau mengetahui penculikan itu," kata Tomba.

"Kami belum menemukan fakta yang mengaitkan mereka dengan kejahatan ini," katanya.

Polisi juga enggan membeberkan bukti-bukti yang ditemukan di rumah penyekapan itu meski sebelumnya kepala kepolisian Ohio Michael McGrath mengatakan, polisi menemukan rantai dan tali di rumah itu yang kemungkinan digunakan untuk mengikat ketiga korban penculikan.

Ariel Castro ditahan setelah Amanda Berry dan putrinya yang berusia enam tahun, Gina DeJesus, dan Michelle Knight ditemukan di kediamannya di Cleveland, Ohio.

Amanda, Gina, dan Michelle barusia 16, 14, dan 20 tahun saat dinyatakan hilang sekitar satu dekade lalu.

Ketiganya ditemukan setelah Amanda yang kini berusia 27 tahun lolos dan memberi tahu tetangga soal penculikan itu.

 



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X