Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tersangka Penculik Dijerat Tuntutan Berlapis

Kompas.com - 09/05/2013, 16:16 WIB

OHIO, KOMPAS.com — Kepolisian Ohio menuntut Ariel Castro (52) dengan tuduhuan penculikan dan pemerkosaan setelah polisi mengungkap bahwa ketiga perempuan yang diculiknya hanya diberi kesempatan keluar rumah dua kali selama 10 tahun.

Castro dijerat empat tuntutan penculikan dan tiga tuntutan perkosaan. Tuntutan perkosaan ini tidak terkait dengan keberadaan bocah berusia enam tahun yang ditemukan bersama ketiga perempuan yang disekapnya.

Polisi yakin ketiga perempuan itu hanya diizinkan meninggalkan rumah hanya dalam dua kesempatan, itu pun hanya ke garasi. Demikian kepala kepolisian Ohio Ed Tomba dalam jumpa pers.

"Mereka selalu berada di dalam rumah. Mereka tak yakin pernah keluar rumah selama 10 tahun terakhir," kata Tomba.

"Mereka tidak berada di dalam satu kamar. Namun, mereka mengenal satu sama lain dan mengetahui keberadaan satu sama lain," kata Tomba.

Namun, Tomba tidak menanggapi kabar bahwa para perempuan itu beberapa kali mengandung dan beberapa bayi mereka meninggal dunia.

Kepolisian juga merilis rekaman saat-saat dramatis ketika tim medis tiba di rumah tempat penyekapan setelah para perempuan itu dibebaskan.

Dua saudara Ariel Castro yang lain, Pedro (54) dan Onil (50), saat ini juga ditahan. Namun, kemungkinan besar mereka tidak akan dijatuhi tuntutan terkait penculikan itu.

"Belum ada bukti yang membuat kami yakin bahwa kedua orang ini terlibat atau mengetahui penculikan itu," kata Tomba.

"Kami belum menemukan fakta yang mengaitkan mereka dengan kejahatan ini," katanya.

Polisi juga enggan membeberkan bukti-bukti yang ditemukan di rumah penyekapan itu meski sebelumnya kepala kepolisian Ohio Michael McGrath mengatakan, polisi menemukan rantai dan tali di rumah itu yang kemungkinan digunakan untuk mengikat ketiga korban penculikan.

Ariel Castro ditahan setelah Amanda Berry dan putrinya yang berusia enam tahun, Gina DeJesus, dan Michelle Knight ditemukan di kediamannya di Cleveland, Ohio.

Amanda, Gina, dan Michelle barusia 16, 14, dan 20 tahun saat dinyatakan hilang sekitar satu dekade lalu.

Ketiganya ditemukan setelah Amanda yang kini berusia 27 tahun lolos dan memberi tahu tetangga soal penculikan itu.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com