Kompas.com - 05/05/2013, 18:49 WIB
|
EditorTjahja Gunawan Diredja

 

JAKARTA, KOMPAS. com-  Partai Keadilan Sejahtera (PKS) berharap Pilihan Raya Umum Malaysia atau Pemilu yang berlangsung Minggu (5/5/2013) ini, berjalan damai dan menghasilkan anggota parlemen dan pimpinan pemerintahan yang didukung rakyat.

Demikian siaran pers yang diterima Kompas di Jakarta, Minggu (5/5) dari Ketua Bidang Hubungan Luar Negeri (BHLN) Dewan Pengurus Pusat (DPP) PKS Taufik Ramlan Wijaya yang saat ini sedang berada di Kualalumpur, Malaysia.

Taufik meminta, Pusat Informasi dan Pelayanan (PIP) PKS Malaysia untuk mengamati dinamika Pemilu yang melibatkan lebih dari 13,6 juta pemilih tersebut.

"Kami himbau rekan-rekan hanya memyaksikan dari jauh untuk kepentingan pembelajaran politik PKS," terang Taufik Ramlan yang singgah di Kualalumpur setelah mengikuti konsolidasi kader PKS se-dunia di Istanbul, Turki.

Menurut Taufik, Pemilu di Malaysia menampakkan dinamika yang menarik karena antusiasme terasa di lapangan dalam kampanye-kampanye yang diselenggarakan.

"Sistem pemilu di Malaysia memang berbeda, karena rakyat langsung memilih dalam sistem distrik sehingga para caleg head to head di satu distrik untuk mendapatkan kursi parlemen," ujar Taufik ketika mencoba membandingkan pemilu di Malaysia dengan Pemilu di Indonesia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang
     
    Pilihan Untukmu


    Video Pilihan

    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Verifikasi akun KG Media ID
    Verifikasi akun KG Media ID

    Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

    Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.