Kompas.com - 04/05/2013, 17:48 WIB
|
EditorJosephus Primus

KOMPAS.com - Presiden Afganistan Hamid Karzai menegaskan hubungan bilateral negerinya dengan Pakistan harus makin "mesra". Menurutnya, hubungan kedua negara harus makin erat lantaran kasus-kasus di perbatasan kedua negara memerlukan perhatian ekstra. Hamid Karzai, tulis AP pada Sabtu (4/5/2013), mengatakan pandangannya itu di istana kepresidenan Afganistan di Kabul.  

Terkini, selisih paham soal perbatasan di Jalur Durand, Distrik Goshta di Provinsi Nangarhar pada Rabu (1/5/2013). Insiden itu menewaskan seorang polisi Afganistan dan melukai dua tentara Pakistan.  Jalur Durand yang memisahkan Afganistan dan Pakistan sejatinya tidak diakui pihak Afganistan.    

Sementara itu, terkait hubungan kedua negara, Hamid Karzai mengakui sudah 19 kali bertandang ke Pakistan. "Tujuan kunjungan tetap sama, membangun relasi persahabatan,"katanya.

Karzai mengatakan pemerintahannya siap meneken pakta keamanan dengan AS. "Asalkan, kepentingan Afganistan dihormati,"katanya.

Secara rinci, Karzai mengatakan AS mesti menjamin keamanan nasional berikut mendukung pertumbuhan ekonomi Afganistan. "Saya juga minta Taliban untuk mengakhiri perseteruan dan membangun bersama keamanan Afganistan,"demikian Hamid Karzai.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.