Kompas.com - 03/05/2013, 17:36 WIB
|
EditorJosephus Primus

KOMPAS.com - Sebuah pesawat pengisi bahan bakat minyak (BBM) di udara jatuh di Kirgistan pada Jumat (3/5/2013). Pesawat itu berbasis di pangkalan angkata udara (AU)  Amerika Serikat (AS) Manas.

Menurut warta AFP, pesawat itu baru saja lepas landas dari pangkalan AU tersebut. Kementerian Gawat Darurat Kirgistan mengatakan pesawat itu patah menjadi tiga saat menghunjam ke bumi. "Pihak berwenang tengah meneliti ada tidaknya korban jiwa maupun luka di lokasi kejadian,"kata Sekretaris Kementerian Penerangan Kirgistan Abdisharip Bekilov.

Bekilov menambahkan pesawat itu jatuh di dekat gunung di desa Chaldybar. Lokasinya sekitar 200 kilometer dari ibu kota Bishkek. Tempat kejadian juga tak jauh dari perbatasan Kirgistan dengan Kazakstan.

Sementara itu, pihak pangkalan AU AS belum memberikan informasi komplet mengenai kejadian tersebut. "Kami sedang mengecek,"kata pihak Manas.

Sekretaris Media untuk Kementerian Transportasi dan Komunikasi Kirgistan Kylychbek Dosumbetov mengatakan pesawat bertolak sekitar pukul 14.30 waktu Manas. Jenis pesawat adalah KC-135 Stratotanker. Saksi mata mengatakan terdengar bunyi seperti ledakan keras saat kejadian. "Pesawat langsung terbakar,"kata saksi mata sebagaimana warta kantor berita Kirgistan, AKIPress.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



Video Pilihan

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.