Kompas.com - 03/05/2013, 16:54 WIB
EditorErvan Hardoko
LOS ANGELES, KOMPAS.com — Kebakaran hutan hebat yang terjadi di daerah pedesaan di luar kota Los Angeles, California, Kamis (2/4/2013) waktu setempat, membuat jalan raya pesisir harus ditutup dan ratusan penduduk dievakuasi.

Angin kencang membuat kobaran api dengan cepat menyambar dan melahap pepohonan. Dibantu angin, kobaran api terus bergerak menuju ke arah pesisir Samudera Pasifik.

Sejauh ini, kebakaran itu sudah menghanguskan kawasan seluas 32 kilometer persegi dan mengancam 2.000 rumah di sekitar kawasan itu.

Tayangan televisi memperlihatkan setidaknya sebuah rumah yang terletak di sebuah lembah terpencil hangus. Sementara itu, sekitar 600 anggota pemadam kebakaran disebar di daerah itu untuk mencoba menahan laju kebakaran.

"Kami menghadapi kondisi yang sangat dramatis. Situasi ini sangat berbahaya bagi para pemadam kebakaran. Kobaran api semakin besar," kata juru bicara Pasukan Pemadam Kebakaran Ventura County, Tom Kruschke, kepada stasiun televisi NBC4.

"Kami mengimbau warga di daerah ini untuk waspada, kondisi ini sangat berbahaya. Sebab, apinya masih terus bergerak," tambah Kruschke.

Kobaran api itu dibantu embusan angin kencang menghanguskan kawasan perbukitan dan lembah di Ventura County, sebelah barat laut Los Angeles.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Amukan api ini mengancam kawasan permukiman di kota Newbury Park dan Camarillo, sebelah utara Malibu.

Selain itu, sekitar 13 kilometer jalan raya pesisir Pasifik juga terpaksa ditutup akibat kebakaran ini. Tak hanya itu, kebakaran ini memaksa Universitas California Channel Islands meliburkan mahasiswanya.

Kebakaran hutan kerap terjadi di wilayah barat Amerika Serikat pada saat musim panas. Sementara itu, kawasan selatan Calilfornia sering mendapat embusan angin laut Santa Ana yang biasanya terjadi pada musim gugur dan dingin.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.