Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kebakaran Hutan di California, Ratusan Warga Dievakuasi

Kompas.com - 03/05/2013, 16:54 WIB
LOS ANGELES, KOMPAS.com — Kebakaran hutan hebat yang terjadi di daerah pedesaan di luar kota Los Angeles, California, Kamis (2/4/2013) waktu setempat, membuat jalan raya pesisir harus ditutup dan ratusan penduduk dievakuasi.

Angin kencang membuat kobaran api dengan cepat menyambar dan melahap pepohonan. Dibantu angin, kobaran api terus bergerak menuju ke arah pesisir Samudera Pasifik.

Sejauh ini, kebakaran itu sudah menghanguskan kawasan seluas 32 kilometer persegi dan mengancam 2.000 rumah di sekitar kawasan itu.

Tayangan televisi memperlihatkan setidaknya sebuah rumah yang terletak di sebuah lembah terpencil hangus. Sementara itu, sekitar 600 anggota pemadam kebakaran disebar di daerah itu untuk mencoba menahan laju kebakaran.

"Kami menghadapi kondisi yang sangat dramatis. Situasi ini sangat berbahaya bagi para pemadam kebakaran. Kobaran api semakin besar," kata juru bicara Pasukan Pemadam Kebakaran Ventura County, Tom Kruschke, kepada stasiun televisi NBC4.

"Kami mengimbau warga di daerah ini untuk waspada, kondisi ini sangat berbahaya. Sebab, apinya masih terus bergerak," tambah Kruschke.

Kobaran api itu dibantu embusan angin kencang menghanguskan kawasan perbukitan dan lembah di Ventura County, sebelah barat laut Los Angeles.

Amukan api ini mengancam kawasan permukiman di kota Newbury Park dan Camarillo, sebelah utara Malibu.

Selain itu, sekitar 13 kilometer jalan raya pesisir Pasifik juga terpaksa ditutup akibat kebakaran ini. Tak hanya itu, kebakaran ini memaksa Universitas California Channel Islands meliburkan mahasiswanya.

Kebakaran hutan kerap terjadi di wilayah barat Amerika Serikat pada saat musim panas. Sementara itu, kawasan selatan Calilfornia sering mendapat embusan angin laut Santa Ana yang biasanya terjadi pada musim gugur dan dingin.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com