Kompas.com - 02/05/2013, 18:18 WIB
EditorErvan Hardoko
LAHORE, KOMPAS.com - Pemerintah India meminta keadilan setelah warganya yang dijatuhi hukuman mati di Pakistan karena kegiatan mata-mata, tewas pada Kamis (2/5/2013), sekitar sepekan setelah dia diserang sesama tahanan.

Sarabjit Singh, yang dijatuhi hukuman 16 tahun penjara akibat pengeboman, meninggal dunia akibat diserang sesama tahanan di LP Kot Lakhpat Lahore. Demikian pernyataan dokter di RS Jinnah Pakistan.

Pria berusia 49 tahun itu terlebih dahulu menderita koma setelah menderita sejumlah luka akibat serangan enam tahanan lain pada 26 April lalu. Mereka menghantam kepala Sarabjit dengan batu bata yang akhirnya membuat tengkorak kepala Sarabjit retak.

"Para penjahat itu bertanggung jawab atas serangan dan pembunuhan brutal terhadap Sarabjit Singh. Mereka harus diadili," kata PM India Manmohan Singh, lewat akun Twitter resminya.

Pemerintah India memprotes kebijakan Pakistan yang menghalang-halangi diplomatnya untuk bertemu Sarabjit yang tengah sekarat.

"Sangat disayangkan Pakistan mengabaikan permohonan untuk memperhatikan sisi kemanusiaan kasus ini," lanjut Manmohan.

Manmohan menambahkan, pemerintah India juga tengah berupaya untuk membawa jasad Sarabjit pulang untuk dimakamkan.

 

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.