Kompas.com - 26/04/2013, 10:51 WIB
EditorEgidius Patnistik

BEIRUT, KOMPAS.com  Kelompok Hezbollah Lebanon, Kamis (25/4/2013), mengatakan, pihaknya tidak mengirim pesawat tak berawak (drone) ke Israel. Bantahan Hezbollah itu muncul beberapa jam setelah angkatan udara Israel mengatakan telah menembak jatuh sebuah pesawat tak berawak di lepas pantai utara negara itu.

"Sebuah pesawat tak berawak diidentifikasi telah mendekati pantai Israel dan berhasil dicegat pesawat IAF, lima mil laut dari Pantai Haifa, pada sekitar pukul 14.00 hari ini (atau 18.00 WIB)," kata militer Israel.

Namun, saluran televisi milik Hezbollah, yaitu Al-Manar, menegaskan, "Hezbollah membantah telah mengirim pesawat tak berawak ke wilayah Palestina yang diduduki." Saluran televisi tidak memberikan penjelasan lebih lanjut.

Wakil Menteri Pertahanan Israel Danny Danon sebelumnya secara jelas menuduh Hezbollah sebagai pengirim drone itu. Kelompok itu dikatakan berada di balik penyusupan pesawat tak berawak sebelumnya, yaitu pada 7 Oktober. "Kita sedang bicara tentang upaya lain oleh Hezbollah dengan mengirim pesawat tak berawak ke wilayah Israel," katanya kepada radio militer Israel. Ia menggambarkan hal itu sebagai "upaya lain untuk mengacaukan Timur Tengah".

"Saya melihat upaya untuk menerobos perbatasan kita ini sebagai hal yang sangat serius. Kami akan terus melakukan apa yang kami harus lakukan guna melindungi keamanan warga Israel," kata Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu.

Namun, juru bicara militer Israel Letkol Peter Lerner dengan berhati-hati mengatakan insiden itu sedang diselidiki. "Kami tidak tahu dari mana pesawat itu datang dan ke mana tujuannya yang sebenarnya," katanya, seraya menambahkan bahwa angkatan laut Israel sedang mencari sisa-sisa drone itu.

 

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X