Kompas.com - 25/04/2013, 15:58 WIB
|
EditorJosephus Primus

KOMPAS.com — Tentara Angkatan Laut (AL) Filipina menembak mati 35 terduga militan bersenjata saat kawanan itu memasuki perairan Malaysia di Negara Bagian Sabah, Malaysia. Warta AP pada Kamis (25/4/2013), mengatakan, informasi mengenai insiden ini berasal dari Menteri Pertahanan Malaysia Ahmad Zahid Hamidi.

Penjelasan Hamidi menunjukkan kejadian penembakan itu terjadi Rabu (24/4/2013). "Kelompok itu menolak berbalik saat diberi peringatan," katanya.

Laporan intelijen, imbuh Hamidi, menunjukkan bahwa kelompok bersenjata itu akan mengusik pemilihan umum (pemilu) Malaysia. Perhelatan pesta demokrasi itu akan berlangsung pada Minggu (5/5/2013).

Pasukan Malaysia dan Filipina memang bekerja sama menjaga perbatasan laut kedua negara. Kolaborasi itu dipicu oleh kehadiran 200 orang bersenjata yang pada awal Februari lalu mendarat di Sabah. Kelompok itu mengklaim bakal mempertahankan Sabah sebagai milik Sultan Sulu. Kesultanan Sulu, saat ini, berada di selatan Filipina.

Insiden soal Sulu itu menewaskan sedikitnya sepuluh anggota pasukan keamanan Malaysia. Selain itu, kejadian tersebut juga menewaskan lusinan orang bersenjata.

Kini, Sultan Sulu beserta pengikutnya mengatakan sudah mengirimkan seribu petempur ke Sabah dalam minggu ini.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.