Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menyimpan "Miras" dengan Rapi dan Gaya

Kompas.com - 20/04/2013, 18:30 WIB

KOMPAS.com - Bagi penggemar minuman anggur (minuman keras beralkohol lainnya), menyediakan lokasi penyimpanan koleksi Anda bisa jadi merupakan salah satu tantangan. Untuk membantu Anda, berikut ini beberapa tips penyimpanan botol anggur, tentu dengan cara yang tidak sembarangan.

1. Membuat penyimpanan di dinding

Ada beberapa cara menempatkan botol anggur di dinding. Anda dapat meletakkannya secara horizontal, atau secara vertikal. Dengan cara vertikal, berarti Anda menempatkan mulut botol pada posisi yang mudah diraih.

Beberapa merek internasional seperti Vintage View dan Vin De Garde menyediakan berbagai produk sistem penyimpanan anggur. Sistem yang menempel pada dinding ini tidak hanya menghemat tempat, namun juga membuat ruang penyimpanan tampak cantik.

Sistem penyimpanan dinding lain dirilis oleh Reserve. Berbeda dengan sistem penyimpanan botol anggur yang telah disebutkan sebelumnya, sistem ini membuat Anda dapat memulai dari jumlah yang lebih sedikit.

2. Mengombinasikan penyimpanan siap pakai dan desain khusus

Jika Anda sudah menyiapkan sebuah ruang khusus untuk penyimpanan anggur, tentu biaya yang dikeluarkan cukup banyak untuk membuatnya tampak rapi. Seperti memiliki sirkulasi udara yang baik, serta menjaga agar ruang tersebut bebas dari binatang pengerat. Untuk mengurangi biaya tambahan, Anda dapat menggunakan sistem penyimpanan anggur siap pakai. Umumnya, sistem tersebut dapat dibeli di toko-toko penyedia keperluan rumah tangga premium. Bila perlu, kombinasikan dengan sistem penyimpanan kustom atau berdesain khusus.

3. Sistem penyimpanan sesuai ruang Anda

Terakhir, jika Anda sudah memiliki tampilan spesifik yang diinginkan, Anda tentu dapat menyewa seorang ahli pembuat lemari untuk membuat rak khusus penyimpanan botol anggur. Tergantung penyedia jasa, Anda dapat mengeluarkan uang lebih sedikit atau bahkan lebih banyak ketimbang membeli sistem penyimpanan botol atau rak botol anggur siap pakai.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com