AS Peringatkan Iran soal Batas Perundingan

Kompas.com - 09/04/2013, 02:34 WIB
Editor

Istanbul, MINGGU - Menteri Luar Negeri Amerika Serikat John Kerry mengatakan, negara-negara kekuatan utama dunia akan mengupayakan perundingan lebih lanjut dengan Iran untuk menyelesaikan perselisihan yang sudah berusia satu dasawarsa soal program nuklir Iran.

Meski demikian, Kerry mengingatkan Iran bahwa proses perundingan itu tak akan berlangsung selamanya. ”Ini bukan sebuah proses yang tanpa akhir,” kata Kerry setelah tiba di Istanbul, Turki, Minggu (7/4).

Kunjungan Kerry ke Turki adalah bagian pertama dari kunjungan 10 hari ke Timur Tengah, Eropa, dan Asia.

Pernyataan itu disampaikan Kerry sehari setelah perundingan antara enam kekuatan dunia (P5+1) dan Iran di kota Almaty, Kazakhstan, kembali gagal menjembatani sejumlah perbedaan di antara kedua belah pihak.

Kerry mengatakan, Presiden AS Barack Obama telah berkomitmen untuk melanjutkan proses diplomatik dengan Iran walau ada faktor yang merumitkan, yaitu pemilu presiden Iran bulan Juni.

Negara-negara Barat mencurigai Iran mencoba mengembangkan cara untuk menghasilkan senjata nuklir dengan kedok program energi atom sipil. Iran menyangkal tuduhan itu.

Kekhawatiran perang

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Kebuntuan perundingan itu memunculkan kembali kekhawatiran bahwa perselisihan tersebut bisa meletus menjadi perang terbuka di Timur Tengah. Musuh bebuyutan Iran, Israel, telah berulang kali melontarkan ancaman akan menghentikan program nuklir Iran secara paksa dengan serangan militer.

Bahkan, Washington pun selalu menegaskan tak akan menepis kemungkinan serangan militer terhadap Iran jika negara itu ngotot akan membuat senjata nuklir.

Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu, saat berbicara dalam upacara Peringatan Holocaust di Jerusalem, menyiratkan bahwa Israel akan bertindak sendiri jika diperlukan.

Halaman:


Video Pilihan

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.