Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Thailand Siap Jemput Warganya dari Korsel

Kompas.com - 01/04/2013, 15:27 WIB
Josephus Primus

Penulis

KOMPAS.com — Thailand melalui kedutaan besarnya di Seoul, Korea Selatan (Korsel), bersiap menjemput warganya andai tensi politik di Semenanjung Korea meninggi. Sebagaimana warta sebelumnya, Korea Utara (Korut) seturut warta AP mengancam menutup perbatasannya dengan Korsel pada Sabtu (30/3/2013). Korut juga sempat menyatakan perang terhadap Korsel.

Pihak Kedutaan Besar Thailand menyatakan, menyiapkan penampungan sementara bagi warga Thailand yang bakal meninggalkan Negeri Ginseng itu. Lokasi penampungan ada di Busan. "Kami sudah menyiapkan pesawat-pesawat terbang dan kapal laut," kata Menteri Tenaga Kerja Korsel Phadermchai Sasomsap.

Lebih lanjut Sasomsap mengatakan, destinasi sementara untuk para warga Thailand tersebut adalah Jepang. "Kebanyakan dari warga Thailand di Korsel bekerja di industri-industri," imbuhnya.

Sementara itu, Perdana Menteri Thailand Yingluck Shinawatra sudah memerintahkan menteri luar negeri Thailand untuk memonitor kondisi di Semananjung Korea. "Thailand sudah mengusulkan adanya perundingan damai kedua Korea ketimbang pertikaian bersenjata," kata Shinawatra.

Data dari pemerintah Thailand menunjukkan, ada 44.000 warga Thailand yang bekerja di Korsel. Sementara itu, 10 warga Thailand bekerja di Korea Utara.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com