Kompas.com - 28/03/2013, 10:36 WIB
EditorEgidius Patnistik

Perbankan di Siprus akan kembali dibuka Kamis (28/03), setelah 10 hari ditutup untuk mencegah aliran dana keluar bank saat dana talangan dalam proses negosiasi.

Bank sentral Siprus menyatakan hari ini bank akan mulai kembali melayani tetapi nasabah masih dibatasi untuk melakukan penarikan dana maksimal 300 euro per hari.

"Saya sampaikan bahwa semua bank akan dibuka Kamis," kata gubernur bank sentral Siprus Aliki Stylianou kemarin sore.

Kontrol modal akan diberlakukan saat Siprus tengah mencari dana tambahan sebesar 5,8 miliar euro untuk dinyatakan layak mendapatkan dana talangan sebesar 10 miliar euro dari Uni Eropa, Bank Sentral Eropa dan IMF, yang dikenal dengan istilah Troika.

Menteri Keuangan Siprus Michalis Sarris mengumumkan serangkaian kebijakan ini. Termasuk diantaranya adalah pembatasan penarikan uang maksimal 300 euro per hari, dan larangan menguangkan cek.

Sarris mengutip "kurangnya likuiditas dan risiko yang signifikan dari arus keluar deposito, dengan hasil yang bisa meruntuhkan lembaga kredit" sebagai alasan untuk pembatasan.

Kehilangan 40 Persen

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Deposan di bank Siprus yang memiliki dana lebih dari 100.000 euro akan kehilangan 40 persen dana mereka yang dialihkan menjadi saham bank. Sementara mereka yang menyimpan dana kurang dari 100.000 euro tidak akan terimbas peraturan ini - tetapi tetap menghadapi pembatasan akses dana.

Berbicara dengan media Financial Times, Sarris mengatakan bahwa kebijakan ini akan dikaji setelah tujuh hari, dan sejumlah bank bisa dibebaskan sama sekali.

Kontrol lainnya adalah larangan bagi nasabah untuk mengambil uang tunai lebih dari 1.000 euro di luar pulau, dengan petugas cukai akan memeriksanya saat mereka melintasi perbatasan.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X