Kompas.com - 27/03/2013, 15:16 WIB
|
EditorJosephus Primus

KOMPAS.com — Angkatan Laut Sri Lanka menangkap 97 pencari suaka ke Australia pada Rabu (27/3/2013) di Olovil, provinsi timur Sri Lanka. "Di antara mereka yang kami tangkap ada 40 anak dan 18 perempuan," kata Juru Bicara AL Sri Lanka, Kosala Warnakulasuriya, menurut warta AP.

Menurut Warnakulasuriya, kebanyakan para pencari suaka itu adalah suku Tamil. "Kami membawa mereka ke Pelabuhan Oluvil dan menyerahkan mereka ke pihak kepolisian untuk penyelidikan lebih lanjut," kata Warnakulasuriya.

Sejak perang saudara usai, ratusan warga Sri Lanka ditangkap pihak berwajib lantaran percobaan mencari suaka politik ke Australia. Catatan menunjukkan, para pencari suaka itu mendapat perlakuan kasar di tanah air mereka sendiri. Kelompok Macan Tamil dan militer Sri Lanka mengakhiri perang saudara pada 2009.

Pemain

Sementara itu, media Australia mengatakan, AL Sri Lanka justru menjadi pemain utama perdagangan manusia. Menurut pihak Australia itu, AL Sri Lanka sering membawa pencari suaka itu masuk ke Australia. Namun, AL Sri Lanka sudah membantah tudingan media Australia tersebut.

Pihak AL Sri Lanka, setahun silam, mengatakan, berhasil mencegah 3.000 warga Sri Lanka melarikan diri ke Australia. Padahal, data Australia mengatakan 6.428 pencari suaka masuk ke wilayah Negeri Kanguru itu.

 

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.