Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

AL Sri Lanka Tangkap 97 Pencari Suaka

Kompas.com - 27/03/2013, 15:16 WIB
Josephus Primus

Penulis

KOMPAS.com — Angkatan Laut Sri Lanka menangkap 97 pencari suaka ke Australia pada Rabu (27/3/2013) di Olovil, provinsi timur Sri Lanka. "Di antara mereka yang kami tangkap ada 40 anak dan 18 perempuan," kata Juru Bicara AL Sri Lanka, Kosala Warnakulasuriya, menurut warta AP.

Menurut Warnakulasuriya, kebanyakan para pencari suaka itu adalah suku Tamil. "Kami membawa mereka ke Pelabuhan Oluvil dan menyerahkan mereka ke pihak kepolisian untuk penyelidikan lebih lanjut," kata Warnakulasuriya.

Sejak perang saudara usai, ratusan warga Sri Lanka ditangkap pihak berwajib lantaran percobaan mencari suaka politik ke Australia. Catatan menunjukkan, para pencari suaka itu mendapat perlakuan kasar di tanah air mereka sendiri. Kelompok Macan Tamil dan militer Sri Lanka mengakhiri perang saudara pada 2009.

Pemain

Sementara itu, media Australia mengatakan, AL Sri Lanka justru menjadi pemain utama perdagangan manusia. Menurut pihak Australia itu, AL Sri Lanka sering membawa pencari suaka itu masuk ke Australia. Namun, AL Sri Lanka sudah membantah tudingan media Australia tersebut.

Pihak AL Sri Lanka, setahun silam, mengatakan, berhasil mencegah 3.000 warga Sri Lanka melarikan diri ke Australia. Padahal, data Australia mengatakan 6.428 pencari suaka masuk ke wilayah Negeri Kanguru itu.

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com