Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

NC Wakili Suriah di Liga Arab

Kompas.com - 27/03/2013, 03:02 WIB

Kairo, Kompas - Konferensi Tingkat Tinggi Liga Arab, di Doha, Qatar, Selasa (26/3), secara resmi memberikan kursi delegasi Suriah kepada kubu oposisi Koalisi Nasional (NC) Suriah. NC selanjutnya mewakili Suriah secara resmi dalam berbagai pertemuan Liga Arab di semua bidang dan tingkatan.

Emir Qatar Sheikh Hamd Bin Khalifah al-Thani yang memimpin sidang Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Liga Arab memanggil ketua NC yang mengundurkan diri hari Minggu lalu, Ahmed Moaz al-Khatib, dan rombongannya untuk menduduki kursi delegasi Suriah pada KTT itu.

Sejumlah sumber yang dikutip beberapa media Arab mengungkapkan, Sheikh Hamd dan beberapa pemimpin Arab lain kini sedang membujuk Khatib agar meninjau kembali keputusan pengunduran dirinya sebagai ketua NC.

Demikian dilaporkan wartawan Kompas, Musthafa Abd Rahman, yang memantau KTT Liga Arab dari Kairo, Mesir.

Isu Suriah dan isu klasik Palestina menjadi sorotan utama dalam pidato sejumlah pemimpin Arab dalam pembukaan KTT itu. Khatib mendapat kehormatan untuk berpidato langsung setelah pidato tuan rumah, Sheikh Hamd, dan Sekretaris Jenderal Liga Arab Nabil al-Araby.

Emir Qatar dan Sekjen Liga Arab menegaskan, Liga Arab mendukung sepenuhnya NC sebagai satu-satunya wakil sah rakyat Suriah.

Emir Qatar juga menyatakan, Liga Arab mendukung solusi politik di Suriah. Namun, itu bukan berarti Suriah dengan solusi politik tersebut mundur lagi.

Penegasan Emir Qatar itu ditangkap sebagai isyarat bahwa Liga Arab tetap menolak peran Presiden Bashar al-Assad dalam masa transisi nanti.

Sheikh Hamd lalu mengungkapkan, Liga Arab akan meminta segera digelar konferensi internasional untuk pembangunan kembali Suriah setelah proses transisi kekuasaan di negara itu dilakukan.

Araby menambahkan, gagalnya solusi politik di Suriah saat ini disebabkan gagalnya Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) mencapai kesepakatan kompromi soal Suriah.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com