Kompas.com - 25/03/2013, 15:52 WIB
EditorErvan Hardoko

MOGADISHU, KOMPAS.com — Seorang wartawan radio perempuan tewas ditembak di ibu kota Somalia, Mogadishu, Senin (25/3/2013). Ini adalah serangan terbaru dari serangkaian pembunuhan wartawan di negeri yang dikoyak perang itu.

Korban penembakan kali ini adalah Rahmo Abubakir, jurnalis perempuan Radio Abduwaq, Mogadishu.

"Salah satu dari staf perempuan kami ditembak mati di Mogadishu," kata Direktur Radio Abduwaq, Abdikarin Ahmed.

"Kami belum mengetahui penyebab pembunuhan ini, kami masih sangat terkejut," lanjut Ahmed.

Sejumlah saksi mata mengatakan, beberapa laki-laki bersenjata menghampiri sang jurnalis, lalu menembakinya sebelum melarikan diri.

"Dua orang bersenjata pistol menembak seorang perempuan. Mereka menembak lima kali sebelum kabur," kata Abdi Moalin Shire, seorang saksi mata.

"Saat penembakan terjadi, ada seorang perempuan lain, tetapi si penembak membiarkannya. Perempuan itu berlari sambil berteriak minta tolong," kata saksi lainnya, Issa Mohamed.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sepanjang 2012, sedikitnya 18 pekerja media tewas di Somalia. Jumlah ini meningkat dua kali lipat dari tahun sebelumnya. Somalia juga tercatat sebagai negara dengan jumlah wartawan tewas terbanyak, setelah Suriah.

Rahmo Abdukadir adalah jurnalis ketiga yang tewas dibunuh tahun ini. Pada Januari lalu, seorang jurnalis Radio Shabelle, Mogadishu, juga tewas ditembak.

Seorang jurnalis lain tewas akibat bom bunuh diri di Mogadishu awal bulan ini. Namun, sejauh ini belum satupun tersangka terkait pembunuhan jurnalis ini ditahan.

Meski belum diketahui pasti dalang pembunuhan para jurnalis ini, tetapi berbagai aksi kekerasan seperti pembunuhan dan pengeboman kerap didalangi kelompok militan Al-Shabab.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.