Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

CIA Bantu Pengiriman Senjata ke Pemberontak Suriah

Kompas.com - 25/03/2013, 13:21 WIB

WASHINGTON, KOMPAS.com - Negara-negara Arab dan Turki, dibantu CIA, secara dramatis meningkatkan bantuan militer kepada pemberontak Suriah dalam beberapa bulan terakhir, lapor The New York Times, Senin (25/3).

US Central Intelligence Agency membantu upaya mereka, tambah harian itu, yang mengutip data lalu lintas udara dan wawancara dengan para pejabat yang tidak disebutkan namanya serta para komandan pemberontak.

Pengangkutan lewat udara meningkat, mencakup lebih dari 160 penerbangan kargo militer Yordania, Saudi dan Qatar. Pengangkutan menggunakan pesawat kargo militer dan mendarat di Bandara Esenboga dekat Ankara, dan di sejumlah bandara di Turki dan Yordania lainnya, kata laporan itu.

Para petugas intelijen AS membantu sejumlah pemerintahan negara Arab berbelanja senjata, termasuk pengadaan dalam jumlah besar dari Kroasia, kata laporan itu. Para petugas intelijen itu juga memeriksa para komandan dan kelompok-kelompok pemberontak guna menentukan siapa yang harus menerima senjata-senjata itu saat tiba di sana.

Turki telah mengawasi banyak program itu, memperbaiki transponder truk-truk yang mengangkut barang-barang militer melalui Turki sehingga bisa memonitor pengiriman, kata harian tersebut.

"Sebuah perkiraan konservatif dari muatan penerbangan itu bisa mencapai 3.500 ton peralatan militer," kata Hugh Griffiths, dari Stockholm International Peace Research Institute (SIPRI), kepada harian itu. "Intensitas dan frekuensi penerbangan itu mengesankan sebuah operasi logistik militer bawah tanah yang terencana baik.

Pemberontakan bersenjata terhadap pemerintah Presiden Suriah Bashar Al Assad pecah sebagai tanggapan atas penindasan rezim Damaskus dua tahun lalu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com