Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

First Lady China Mendapat Sorotan Media

Kompas.com - 24/03/2013, 23:03 WIB
Pieter P Gero

Penulis

BEIJING, KOMPAS.com - Ibu negara atau first lady China yang baru, Peng Liyuan kini muncul sebagai bintang dpilomasi China terakhir. Penampilan menarik dengan gaya pakaian yang feysen, Penampilan Peng berbeda dengan para istri kepala negara China sebelumnya yang jarang tampil.

Peng memulai debutnya saatr menemani suaminya Presiden Xi Jinping berkunjung ke Moskwa, Rusia.

Kantor berita AP hari Minggu melaporkan, penampilan ala selebritis, gambar Peng mendominasi laporan di media masa China hari Minggu berkenaan dengan kunjungan dan ativitas mereka selama di Moskwa. Ini merupakan kunjungan pertama Presiden Xi ke luar negeri setelah terpilih sebagai presiden awal bulan ini.

Peng dilaporkan mengisi kunjungan ke Rusia dengan melihat penampilan lagu dan tarian di sebuah sekolah kesenian pada hari Sabtu. Peng namun tidak bergabung dengan sejumlah aktivitas lainnya yang mendapat laporan dan liputan media. Ibu negara Peng juga akan terus menemani suaminya berkunjung Tanzania, Afrika Selatan dan Kongo.

Di sini, Peng banyak menjadi sorotan media massa. Seorang ibu negara China yang popular kadang bisa membantu meredam citra buruk internasioanal. Dan selama ini upaya dari seorang ibu negara China gagal memenangkan citra di mata opini publik global.

Penampilan Peng ini seakan menghapuskan kisah selama ini bahwa istri seorang pejabat tinggi China jarang bersedia tampil didepan umum. Jarang terlihat istri seorang pejabat tinggi China mendampingi suaminya dalam berbagai kegiatan di dalam negeri maupun dalam kunjungan resmi ke luar negeri.

Hal ini bagia dari reaksi negatif atas istri pemimpin China Mao Zedong, Jiang Qing yang kemudian dicemoohkan dan dipenjara karena perannya dalam Kelompok Empat yang radikal. Kelompok ini dikenal sebagai pembantai para tokoh politik oposisi dalam Revolusi Kebudayaaan tahun 1966-1976 di China.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com