Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mobil Paus, dari Truk hingga Limusin

Kompas.com - 14/03/2013, 15:02 WIB

Barangkali salah satu pertanyaan pertama ketika seseorang mendapatkan pekerjaan baru adalah: mobil apakah yang akan saya dapatkan? Bila pertanyaan itu diajukan oleh Paus Fransiskus yang baru terpilih, ia pasti tidak akan kecewa dengan jawabannya.

Pasalnya, tak seperti Janis Joplin yang memohon dengan nyaris putus asa dalam lagunya, "Tuhan maukah Kau membelikan aku Mercedes-Benz", bagi pemimpin umat Katolik Roma ini, permohonan semacam itu telah berkali-kali dikabulkan.

Paus pertama yang mendapatkan mobil kenegaraan adalah Pius XI. Ia mendapatkan sebuah mobil Mercedes-Benz Nurburg 460 Pullman tahun 1930. Mobil itu dilengkapi karpet sutra dan motif merpati timbul di lapisan atap.

Paus sepertinya menyukai pemberian itu, terlihat dalam uji coba mengendarai selama satu jam di sekitar halaman Vatikan. Sejak itu Paus Pius XI memiliki beberapa Mercedes, termasuk 300D pada tahun 1960, 600 Pullman Landaulet pada tahun 1965, dan 300SEL pada 1970-an.

Meskipun Paus menggunakan Mercedes di Vatikan, kendaraan yang digunakan dalam berbagai kunjungan tidak terbatas pada produk Jerman itu. Ketika Paus pergi ke berbagai negara, tuan rumah biasanya mengusulkan kendaraan yang akan dipakai. Jika memenuhi kriteria keamanan Vatikan maka usul diterima. Jika tidak, Vatikan akan membawa kendaraan sendiri.

Ketika Yohanes Paulus II melakukan kunjungan pertamanya ke negara asalnya Polandia pada tahun 1979, ia berkeliling menggunakan truk Polandia FSC Star yang dimodifikasi.

Pada tahun 1980 Mercedes diminta untuk membangun sebuah model mobil kepausan. Dipilihlah model 230g dan kemudian disebut Popemobile. Mobil ini dipakai dalam kunjungan Paus ke Jerman untuk pertama kali. Tahun 1981, model ini ditambah kaca antipeluru menyusul percobaan pembunuhan terhadap Paus Yohanes Paulus II.

Namun, pada tahun 1982, saat kunjungannya ke Spanyol, Paus Yohanes Paulus II kembali memakai kendaraan terbuka, sebuah versi Panda SEAT yang dimodifikasi. Kendaraan terbuka ini memiliki pegangan sehingga Paus bisa berdiri dan melambaikan tangan kepada orang-orang.

Paus juga pernah mengendarai truk Leyland Motors pada tahun 1982 saat kunjungan ke Inggris. Truk lapis baja ini adalah Popemobile terberat yang pernah digunakan Paus, dengan bobot 24 ton.

Sejak tahun 2007, Paus Benediktus XVI menggunakan Mercedes G500 dan ML430 SUV yang ukurannya lebih kecil. Mercedes G500 ini dilengkapi windscreen yang bisa dilipat dengan cat tradisional putih khas Popemobile.

Namun, dalam situasi yang kurang aman, Paus dianjurkan menggunakan Mercedes seri G-Class yang dimodifikasi dengan kubah plexiglass antipeluru setebal 8 mm. Kaca ini melindungi Paus dari cuaca buruk, tetapi memastikan ia tetap terlihat umatnya.

Meski begitu, berada dalam kubah kaca merupakan masalah sendiri, terutama karena panas yang muncul. Oleh karenanya, kubah ini dilengkapi sistem pendingin udara untuk membuat Paus tetap sejuk di hari yang panas, sekaligus menjamin kaca tidak berembun dalam kelembaban tinggi.

Lampu juga telah dipasang di sisi-sisi bagian dalam mobil, lantai, dan atap agar Paus lebih terlihat oleh umat saat cuaca gelap. Selain itu, di sisi keamanan, kaca telah dibuat menjadi antibom sehingga dapat menahan ledakan. Panel samping berlapis baja dan bagian alas mobil diperkuat untuk alasan yang sama. Bila terjadi situasi terburuk di mana Paus diserang, kompartemennya akan memberi pasokan oksigen sendiri.

Paus memasuki kubah lewat pintu di bagian belakang. Di dalam kubah ada kursi kulit warna putih dengan trim emas. Kursi ini memiliki sistem hidrolik yang bisa diangkat sehingga Paus lebih mudah dilihat. Dua ajudannya biasanya duduk di depan kursi Paus, tetapi tak terlihat publik. Sedangkan kursi depan Popemobile diisi penjaga keamanan dan sopir.

Meskipun modifikasi menambah beban ekstra, mesin mobil ini ikut di-upgrade. Dengan begitu, G-Class ini tetap dapat melaju hingga kecepatan 260 km per jam walau sebagian besar hidupnya akan dihabiskan untuk berjalan dengan kecepatan hanya 10 km per jam. Dengan segala modifikasi, harga Popemobile ini mencapai sekitar 565.000 dollar AS.

Namun, tidak semua mobil kepausan adalah mobil mewah. Pada tahun 1995 dalam kunjungannya ke Filipina, Paus mengendarai Popemobile buatan lokal, Francisco Motors yang membangun kendaraan itu dari mobil berpenggerak 4x4.

Ketika Yohanes Paulus II wafat pada 2005, Popemobile ini dipajang di sebuah gereja Filipina dan menjadi tujuan ziarah umat Katolik di negara itu yang tidak mampu melayat ke Vatikan. Dan, mobil tersebut barangkali menjadi satu-satunya mobil Filipina yang pernah diziarahi.

Sekarang menjadi pertanyaan, mobil apakah yang akan dipakai Paus Fransiskus? Paus terpilih ini dikenal karena kesederhanaannya. Dia memilih untuk tinggal di apartemen sederhana ketimbang di istana keuskupan. Ia menolak untuk menggunakan limusin keuskupan. Sebaliknya, ia menggunakan bus untuk bekerja dan memasak makanan sendiri. Akankah ia juga menolak mobil kepausan yang disediakan?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com