Kompas.com - 06/03/2013, 05:05 WIB
EditorA. Wisnubrata

KOMPAS.com — Presiden Venezuela Hugo Chavez meninggal dunia dalam usia 58 tahun. Demikian diungkapkan Wakil Presiden Nicolas Maduro, Selasa waktu setempat.

Dalam pengumuman nasional, Maduro mengatakan Chavez meninggal pada Selasa (5/3/2013) pukul 16.25 waktu setempat. Menurut CNN, Maduro meneteskan air mata saat memberitakan hal itu.

Sebelumnya, Chavez dilaporkan menderita infeksi baru, menyusul perawatan kanker yang tengah dijalaninya. Semenjak menjalani perawatan kanker di Kuba, Chavez tidak pernah muncul kembali di hadapan publik.

Banyak warga Venezuela kemudian mendesak agar kondisi kesehatan Chavez diumumkan secara rinci ke publik.

Chavez, yang menjabat presiden selama 14 tahun, diyakini memiliki kanker di sekitar panggulnya. Namun, penyakit pasti yang dideritanya dirahasiakan.

Dia mengumumkan pada Juni 2011 silam bahwa dia menderita kanker dan telah menjalani empat kali operasi sejak saat itu, termasuk perawatan kemoterapi dan radiasi.

Selama ini, Chavez diklaim mengambil keputusan negara dari tempat tidur di rumah sakit, tetapi ada beragam spekulasi mengemuka terkait kondisi kesehatannya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Chavez kembali terpilih untuk enam tahun masa jabatan lagi saat pemilu berlangsung pada Oktober 2012, tetapi Mahkamah Agung memutuskan sumpah jabatan yang mestinya berlangsung pada 10 Januari lalu bisa ditunda karena penyakit yang dideritanya.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.