Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

2016, China Jadi Pasar Utama Mobil Mewah

Kompas.com - 04/03/2013, 14:50 WIB

SHANGHAI, KOMPAS.com - Perusahaan konsultan bisnis global McKinsey & Company, Senin (4/3/3013), mengatakan China akan melampaui Amerika Serikat sebagai pasar mobil mewah pada 2016.

McKinsey menambahkan saat ini China sudah menjadi pasar mobil mewah kedua terbesar di dunia setelah AS dengan jumlah mobil terjual mencapai 1,25 juta unit tahun lalu. Dengan terus bertambahnya pendapatan rakyat China, maka warga China semakin ingin membeli mobil-mobil kelas premium itu.

Dalam laporannya, McKinsey memaparkan mobil-mobil mewah yang dijual di China mulai dari mobil berharga 32.000 dolar AS hingga 190.000 dolar AS, belum termasuk mobil "ekstra mewah" yang harganya jauh lebih mahal.

Tahun lalu, penjualan mobil mewah di AS mencapai 1,7 juta unit dan diperkirakan menigkat sebesar 2,3 persen pada 2020.

"Pasar China sedang tumbuh. Kepercayaan diri rakyat China akan masa depan sangat tinggi," kata Sha Sha, penulis laporan McKinsey & Company.

"Keinginan rakyat China untuk memiliki mobil mewah sangat tinggi," tambah Sha Saha.

Sebanyak 80 persen dari mobil-mobil mewah yang terjual di China tahun lalu berasal dari pabrikan Jerman seperti Audi, BMW dan Mercedes-Benz. Namun, merk-merk lain mulai memunculkan persaingan.

Salah satunya adalah raksasa otomotof Amerika Serikat, General Motors yang meluncurkan sedan mewahnya XTS pekan lalu di China.

Sejauh ini China adalah pasar otomotif terbesar di dunia. Pada 2012 sebanyak 19,31 juta unit mobil terjual di China dan angka itu meningkat 4,3 persen dibanding 2011.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com