Kompas.com - 26/02/2013, 13:36 WIB
EditorErvan Hardoko

JERUSALEM, KOMPAS.com — Sebuah roket ditembakkan dari Jalur Gaza, Selasa (26/2/2013) pagi, dan menghantam kawasan di luar kota Ashkelon, Israel selatan. Ini adalah serangan roket pertama sejak gencatan senjata pada November 2012.

"Serangan roket menghantam dekat Ashkelon dan mengakibatkan kerusakan di jalan raya. Tak ada korban manusia dalam serangan ini," kata juru bicara kepolisian Micky Rosenfeld.

Serangan roket ini adalah yang pertama sejak berakhirnya operasi militer Israel di Jalur Gaza, November 2012. Saat itu, lebih dari 1.000 roket ditembakkan dari Jalur Gaza ke Israel.

Setelah operasi militer delapan hari yang menewaskan 177 warga Palestina—yang sebagian besar adalah warga sipil—dan enam warga Israel, kedua negara akhirnya sepakat untuk melakukan gencatan senjata pada 21 November 2012.

Serangan roket ini terjadi di tengah memanasnya hubungan Israel-Palestina menyusul kematian seorang tahanan Palestina di penjara Israel pada akhir pekan lalu. Palestina menuduh Israel menyiksa tahanan itu hingga tewas.

Akibatnya, ribuan orang yang mendatangi pemakaman Arafat Jaradat (30)—tahanan yang tewas di Israel—menyerukan aksi membalas kekejaman Israel.

 

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.