Kompas.com - 22/02/2013, 16:02 WIB
EditorEgidius Patnistik

AMRITSAR, KOMPAS.com — Perdana Menteri Inggris David Cameron mengatakan, berlian raksasa yang diambil Inggris dari India pada era kolonial dan kini disematkan di sebuah mahkota kerajaan tidak akan dikembalikan.

Ketika berbicara pada hari terakhir kunjungan tiga harinya ke India, yang bertujuan untuk menghidupkan perdagangan dan investasi, Cameron mengesampingkan penyerahan kembali berlian Koh-i-Noor 105 karat itu, yang sekarang dipamerkan di Menara London. Berlian itu telah disematkan di mahkota almarhum ibu Ratu Elizabeth.

Sebagian warga India, termasuk cucu dari pemimpin kemerdekaan India Mahatma Gandhi, menuntut agar berlian yang tergolong salah satu berlian terbesar di dunia itu dikembalikan untuk menebus masa kolonial Inggris.

"Saya tidak berpikir bahwa itu pendekatan yang tepat," kata Cameron kepada wartawan, Rabu (20/2/2013). Ia merupakan perdana menteri Inggris pertama yang menyuarakan penyesalan terkait salah satu episode paling berdarah pada era kolonial Inggris di India, yaitu pembantaian warga sipil tak bersenjata di kota Amritsar tahun 1919.

"Itu permintaan yang sama dengan Elgin Marbles," katanya. Ia merujuk pada patung marmer Yunani klasik yang sudah lama dituntut Athena agar dikembalikan.

"Jawaban yang benar adalah untuk Museum Inggris dan lembaga-lembaga kebudayaan lain untuk melakukan dengan tepat apa yang mereka lakukan, yang terkait dengan lembaga-lembaga lain di seluruh dunia guna memastikan bahwa benda-benda yang kita miliki dan rawat dengan begitu baik di-share dengan orang-orang di seluruh dunia. Saya tentu tidak percaya pada returnism. Saya tidak berpikir itu masuk akal."

Gubernur Jenderal Inggris di India pada masa kolonial merancang untuk menghadiahkan sebuah berlian raksasa kepada Ratu Victoria pada 1850. Jika Kate Middleton, istri Pangeran William yang berada pada baris kedua dalam garis takhta kerajaan Inggris, akhirnya menjadi permaisuri, dia akan mengenakan mahkota berlian itu pada acara-acara resmi.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Ketika Elizabeth II melakukan kunjungan kenegaraan ke India untuk menandai ulang tahun ke-50 kemerdekaan India dari Inggris pada tahun 1997, banyak orang India menuntut agar berlian itu dikembalikan.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.