Kompas.com - 20/02/2013, 18:53 WIB
EditorErvan Hardoko
ABUJA, KOMPAS.com - Sekelompok bajak laut bersenjata yang menyerang sebuah kapal minyak di wilayah selatan Nigeria, menculik enam warga asing dan menuntut uang tebusan sebesar 1,3 juta dolar AS untuk pembebasan para sandera. Demikian Kepolisian Nigeria mengabarkan, Rabu (20/2/2013).

"Tiga sandera berasal dari Ukraina, dua asal India dan satu lagi dari Rusia," kata juru bicara Kepolisian Negara Bagian Bayelsa Fidelis Odunna.

Kapal Armada Tuah yang dioperasikan Century Grup yang berbasis di Lagos dengan 15 awak diserang sekelompok orang bersenjata di perairan Bayelsa, Minggu (17/2/2013).

Tidak diketahui seberapa jauh jarak kapal dari pantai saat serangan bersenjata itu terjadi.

"Kami sudah mengerahkan intelijen untuk mencari lokasi para sandera," kata Oduna.

Sementara itu, Menteri Perminyakan Nigeria Diezani Alison-Madueke dalam sebuah konferesnsi industri perminyakan di Abuja mengatakan Nigeria membutuhkan bantuan internasional untuk mengatasi kejahatan di kawasan selatan yang kaya minyak.

Kelompok militan bersenjata di kawasan Delta Sungai Niger, kerap melakukan penculikan sebelum kesepakatan amnesti dari pemerintah Nigeria yang terbit pada 2009 akhirnya mengurangi angka penculikan dengan drastis.

Kasus penculikan terakhir menimpa kapal tanker India yang diserang pada Desember lalu. Lima awak kapal yang disandera baru dibebaskan awal bulan lalu. Medallion Marine, pemilik kapal tanker itu, tidak menyebutkan jumlah uang tebusan yang diserahkan kepada para penculik.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.