Kompas.com - 13/02/2013, 15:52 WIB
EditorErvan Hardoko

VATICAN CITY, KOMPAS.com- Paus Benediktus XVI dijadwalkan akan tampil di muka publik untuk pertama kalinya setelah menyatakan pengunduran dirinya sebagai pemimpin umat Katolik sedunia.

Paus dijadwalkan muncul dan menyapa umat yang akan memadatai lapangan Basilika Santo Petrus lewat jendela kamarnya pada pukul 16.30 WIB. Selanjutnya Paus akan memimpin misa Rabu Abu di Gereja Santa Sabina di Bukit Aventine Roma pada pukul 23.00 WIB.

Misa ini akan menjadi misa terakhir yang dipimpinnya sekaligus tugas terakhir yang menandai akhir masa kekuasaan delapan tahunnya, yang merupakan salah satu masa jabatan paus tersingkat dalam sejara Katolik.

"Ini akan menjadi perayan yang penting dan yang terakhir dipimpin Bapa Suci," kata juru bicara Vatikan, Federico Lombardi.

Sementara itu, para kardinal terpenting diharapkan segera tiba di Roma untuk menghadiri pemilihan paus baru atau konklaf.

Sejauh ini belum ditentukan waktu pelaksanaan konklaf, yang akan digelar di Kapel Sistine di bawah lukisan terkenal Michaelangelo yang dibuat di langit-langit kapel tersebut.

Vatikan berharap paus baru bisa terpilih sebelum perayaan Paskah pada 31 Maret mendatang. Sebelum paus baru terpilih maka seluruh roda pemerintahan Vatikan dan Gereja Katolik akan dijalankan Menteri Luar Negeri Vatikan Tarcisio Bertone.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.