Chokri Belaid Dimakamkan

Kompas.com - 09/02/2013, 03:30 WIB
Editor

tunis, jumat - Tunisia dilanda mogok massal, Jumat (8/2), saat ribuan orang berkumpul di Tunis menghadiri prosesi pemakaman tokoh oposisi, Chokri Belaid, yang dibunuh di rumahnya, Rabu. Massa meneriakkan slogan antipemerintah dan anti-Partai Ennahda yang berkuasa.

Sekitar 10.000 orang berbaris sepanjang 3,5 kilometer dalam suasana perkabungan di ruas jalan menuju pemakaman El-Jellaz di Distrik Djebel Jelloud, Tunis selatan. Sebelum prosesi itu, massa berkumpul di Pusat Kebudayaan, mengelilingi peti jenazah Belaid yang berselimutkan bendera negara.

Ratusan polisi antihuru-hara berjaga-jaga di jalan utama Habib Bourguiba, yang menjadi pusat gerakan massa proreformasi dua tahun silam. Di jalan ini pula ribuan orang berkumpul, Rabu, untuk memprotes pembunuhan Belaid. Bank dan pusat perbelanjaan tutup karena khawatir akan terjadi kerusuhan seperti pada tahun 2011.

Helikopter aparat keamanan terbang hilir mudik mengawasi pergerakan massa itu. Muncul satu kekhawatiran bahwa massa bisa saja membangun kekuatan baru melawan rezim berkuasa, yang didominasi politisi Partai Islam Ennahda.

Pembela rakyat

Belaid dikenang sebagai seorang nasionalis dan pembela kepentingan rakyat banyak, bukan pembela golongan. ”Saya seorang apolitis. Saya datang dari jauh, 70 kilometer dari Tunis, karena mengagumi Belaid. Dia membela kaum miskin dan mencintai negaranya,” kata Nouri Abdel Jalil saat mengikuti prosesi jenazah.

Belaid dikubur seusai shalat Jumat. Sejak dari Pusat Kebudayaan hingga pemakaman, massa meneriakkan slogan antipemerintah dan perlawanan terhadap kubu Ennahda.

”Belaid, beristirahatlah dengan damai. Kami pasti akan melanjutkan perjuangan Anda!” seru sekalian orang yang hadir.

Terdengar pula teriakan massa menghujat Rachid Ghannouchi, pemimpin partai berkuasa. ”Ghannouchi, pembunuh bayaran, pelaku tindak kejahatan,” teriak massa. ”Tunisia bebas, terorisme keluar,” seru mereka yang mengecap Ennahda sebagai wadah politik kelompok teroris.

Pihak keluarga menuding Ennahda sebagai dalang pembunuhan. Belaid, pengacara dan tokoh oposisi yang sering mengkritik pemerintah serta Ennahda, ditembak mati di rumahnya di Tunis, Rabu, oleh seorang pria yang diduga suruhan Ennahda. Sesaat setelah penembakan, pelaku pergi mengendarai sepeda motor dan kini jadi buron.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.