Kompas.com - 01/02/2013, 15:16 WIB
EditorErvan Hardoko

TOKYO, KOMPAS.com — Kepolisian Jepang menangkap seorang pemimpin Yakuza karena diduga mengirimkan pekerja ke Fukushima untuk melakukan pembersihan radiologi tanpa izin. Ini adalah penahanan pertama seorang anggota kriminal terkait pembangkit tenaga nuklir.

Kepolisian di Prefektur Yamagata menanyai Yoshinori Arai (40), seorang anggota senior kelompok Yakuza lokal yang terkait dengan sindikat kejahatan Sumoyoshi-kai. Demikian juru bicara kepolisian, Kamis (31/1/2013).

Arai diduga mengirimkan tiga orang ke Fukushima untuk sebagai kru pembersih pada November tahun lalu. Sesuai undang-undang Jepang, izin pemerintah dibutuhkan setiap orang yang menjadi agen tenaga kerja.

Arai juga diduga mengirim orang untuk bekerja di pembangunan perumahan sementara di kawasan yang menjadi korban terjangan tsunami.

Kepada polisi, Arai dikabarkan mengaku berniat mengambil keuntungan dengan memotong gaji para pekerjanya.

Para pekerja yang bekerja di kawasan Fukushima menerima bayaran yang lebih tinggi dari pekerja lain yang melakukan pekerjaan sama karena bahaya yang lebih besar di sana.

Seorang jurnalis Jepang yang bekerja di pembangkit listrik yang rusak itu setelah bencana alam Maret 2011 mengklaim bahwa Yakuza  terlibat dalam memasok para pekerja pembersihan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Tomohiko Suzuki, nama wartawan itu, kepada AFP, mengatakan, organisasi kriminal itu sudah sejak lama mengirim orang-orang yang berutang kepada mereka ke Fukushima sebagai cara membayar utang berbunga tinggi yang menjerat mereka.

Seperti mafia Italia atau triad China, Yakuza juga hidup dari perjudian, penjualan obat-obatan terlarang, prostitusi, hingga menjadi lintah darat.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.