Kompas.com - 30/01/2013, 07:41 WIB
EditorEgidius Patnistik

WASHINGTON, KOMPAS.com - Militer Amerika Serikat berencana membangun pangkalan khusus bagi pesawat pengintai tanpa awak (drone) di Niger. Langkah itu guna memperketat pengawasan terhadap jaringan Al Qaeda yang kian nyata mengancam keamanan kawasan Afrika Utara dan dunia.

Rencana AS diungkapkan oleh seorang pejabat Pentagon, Senin (28/1). Menurut dia, pangkalan pesawat tanpa awak (UAV) itu akan dibangun di Niger barat, dekat perbatasan dengan Mali.

Di Mali, militer asing pimpinan Perancis sedang berperang melawan gerakan separatis Ansar Dine, yang merupakan milisi binaan jaringan Al Qaeda di Afrika Utara (AQIM).

Niat AS mendirikan basis UAV di Afrika Barat itu dirilis pertama kali oleh harian The New York Times, Senin pagi.

Bandar udara itu akan menjadi pusat pengumpulan informasi intelijen tentang sepak terjang AQIM dan kelompok militan lain, yang dinilai Washington sebagai ancaman nyata.

Niger, negara yang berbatasan dengan Mali timur, juga memiliki hubungan baik dengan Perancis. Perancis sendiri sudah memiliki pangkalan di Chad.

Drone yang akan ditempatkan di Niger bertujuan mengintai pergerakan AQIM dan sayap Al Qaeda lainnya di Afrika Utara.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Selain Niger, Komando Militer AS di Afrika juga menawarkan alternatif calon pangkalan lain, yakni di Burkina Faso.

Juru bicara Kementerian Luar Negeri AS, Victoria Nuland, menuturkan, jika rencana itu disetujui, sekitar 300 personel militer AS akan dikirim ke pangkalan baru tersebut untuk mengoperasikan pesawat nirawak itu.

Meski rencana pembangunan pangkalan telah diputuskan, AS tak bermaksud terlibat langsung dalam perang melawan milisi Ansar Dine di Mali. ”Militer AS takkan terlibat operasi di Mali. Kami tak ingin pasukan AS terlibat langsung di medan tempur,” kata Nuland.

Halaman:


25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X