Kompas.com - 22/01/2013, 17:22 WIB
|
EditorErvan Hardoko

SINGAPURA, KOMPAS.com - Sambal sotong hasil racikan tangan Anik Prihatini menghantar perempuan asai Indonesia menjuarai Lomba Memasak di Singapura.

Anik yang berprofesi sebagai pembantu rumah tangga (PRT) itu mengalahkan lima PRT lain dari berbagai negara dalam lomba yang digelar Singapore Press Holding Cats Classified dan Nation Employment, sebuah lembaga yang mengurus masalah PRT di Singapura.

Lomba yang diselenggarakan di Mall Orchard Central, Minggu (20/01/2013) ini, diikuti enam orang PRT yang dipilih secara khusus dan dinominasikan majikannya.

Setiap peserta memiliki waktu satu jam untuk meracik makanan yang ingin mereka sajikan. Tiga orang juri, Desmond Chim (Direktur Nation Employment), Yeoh Wee Teck (wartawan harian The New Paper), dan Kho Swee Har (wartawan SPH divisi harian berbahasa Mandarin) secara bulat memutuskan Atik sebagai pemenang.

"Sambal Sotong merupakan makanan yang mudah dijumpai di Singapura, namun sambal sotong ini benar-benar berbeda dan lezat, " puji Desmond.

Ketiga juri itu memuji Anik yang memiliki ketelitian luar biasa termasuk terhadap hal-hal kecil.

"Hal-hal kecil itulah yang membedakan sambal sotong ini dengan sambal sotong lain,"  ujar para juri.

Sambal sotong Anik diracik dengan bumbu ala India dengan menambahkan bumbu kari, nasi kuning Briyani, dan disajikan di atas daun pisang.

Atas kemenangannya Anik mendapatkan hadiah uang tunai 300 dolar Singapura (sekitar Rp 2,4 juta) dan sebuah Ipad mini.

Kejuaraan memasak ini diselenggarakan sebagai bentuk apresiasi terhadap kontribusi para PRT di Singapura.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.