Kompas.com - 16/01/2013, 11:33 WIB
EditorEgidius Patnistik

DNA kuda ditemukan dalam burger yang dijual di supermarket Inggris dan Irlandia, seperti disampaikan oleh Otoritas Keamanan Makanan (FSAI) Republik Irlandia. FSAI mengatakan daging itu berasal dari dua pabrik pengolahan makanan di Irlandia, Liffey Meats dan Silvercrest Foods, dan pabrik Dalepak Hambleton di Yorkshire.

Badan itu mengatakan, daging tersebut tidak membahayakan kesehatan.

Daging burger tersebut dijual di Tesko dan Iceland di Inggris dan Irlandia. Di Republik Irlandia, daging itu dijual di Dunnes Store, Lidl, dan Aldi. FSAI mengatakan, toko-toko tersebut menyatakan telah menarik semua produk daging burger itu.

Sebanyak 27 produk dianalisis dan 10 produk di antaranya mengandung DNA kuda dan 23 mengandung DNA babi.

Tak dapat diterima

Dalam satu sampel daging burger sapi dari Tesco, peneliti menemukan kandungan 29 persen daging kuda. Sebagai tambahan, 31 produk olahan sapi, termasuk pai daging, pai kari sapi, dan lasagna, dianalisis, 21 produk di antaranya positif mengandung DNA babi.

Kepala Eksekutif FSAI Alan Reilly mengatakan bahwa meski temuan itu tidak mengancam kesehatan publik, timbul kekhawatiran. "Meski ada penjelasan logis mengenai kehadiran DNA babi dalam produk-produk ini karena fakta bahwa daging dari hewan-hewan yang berbeda diproses di pabrik pengolahan daging yang sama, tidak ada penjelasan mengenai bagaimana DNA kuda bisa muncul dari pabrik pengolahan daging yang tidak menggunakan daging kuda dalam produksi mereka," kata dia.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Di Irlandia, bukan budaya kami untuk menyantap daging kuda, dan oleh karena itu kami tidak mengira akan menemukannya dalam burger," kata Reilly. "Demikian pula, bagi sejumlah kelompok agama atau orang yang tidak menyantap daging babi, adanya jejak DNA babi sungguh tak bisa diterima."

Menteri Pertanian Irlandia Simon Coveney mengatakan ia khawatir mengenai temuan FSAI dan mengirim dokter hewan pemerintah ke pabrik yang memproduksi burger mengandung 29 persen daging kuda untuk mewawancarai manajemen.

Ia memastikan kepada publik bahwa burger itu tidak membahayakan kesehatan dan menambahkan bahwa Republik Irlandia "mungkin memiliki pelacakan dan keamanan makanan terbaik di dunia."

Sangat serius

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.