Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Militer Klaim Bunuh Seratusan Orang

Kompas.com - 13/01/2013, 07:43 WIB
Josephus Primus

Penulis

KOMPAS.com - Militer Mali mengklaim menewaskan seratusan orang pemberontak dalam upaya merebut kembali Konna. Pihak militer Mali mendapat sokongan dari tentara Perancis untuk menghalau pemberontak Islamis di negeri itu, tulis AFP pada Sabtu (12/1/2013).

Seorang saksi mata warga setempat mengatakan dirinya sempat menghitung jumlah korban tewas ada 148 orang. Ada juga tambahan sekitar selusin mayat berseragam militer Mali.

Pihak militer mengatakan kelompok pemberontak tidak mendapat kesempatan lagi bertahan di Konna. Sementara, militer memberi tenggat menumpas kelompok pemberontak pada Minggu (20/1/2013). Hari itu bertepatan dengan peringatan 52 tahun angkatan bersenjata Mali.

Krisis Mali makin meluas lantaran Perancis, pada Jumat mengatakan melakukan intervensi militer dengan membantu pasukan pemerintah negara itu. Kelompok pemberontak menguasai beberapa kota-kota utama di Mali Utara sejak Maret 2012 saat kudeta militer berlangsung. Pemberontak menguasai Konna sejak Kamis (10/1/2013) usai pertempuran dengan tentara pemerintah.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com