Kompas.com - 10/01/2013, 17:52 WIB
EditorErvan Hardoko

JENEWA, KOMPAS.com - Dua rangkaian kereta penumpang bertabrakan di sebuah stasiun di wilayah utara Swiss, Kamis (10/1/2013), tabrakan yang terjadi di jam sibuk itu melukai sedikitnya 17 orang.

"Sedikitnya 17 orang cedera, sembilan orang di antaranya harus dirawat di rumah sakit," kata juru bicara Kepolisian Kanton Schaffhouse, Anja Schudela.

Polisi menambahkan tak seorang pun korban yang mengalami luka serius. Dalam laporan awal sempat dikabarkan 30 orang terluka akibat kecelakaan ini.

Tabrakan kereta api ini terjadi pada pukul 07.30 waktu setempat atau pukul 13.30 WIB. Saat itu sebuah rangkaian kereta yang dipenuhi penumpang menabrak bagian samping kereta lainnya di stasiun Neuhausen-am-Rheinfall dekat perbatasan Jerman. Demikian pernyataan resmi perusahaan kereta api SBB.

Sebanyak 220 pekerja segera dimobilisasi untuk memberi pertolongan dan dalam dua jam seluruh penumpang kereta api sudah berhasil dievakuasi.

Lokomotif salah satu kereta api yang menuju ke Winthertour di Kanton Zurich tergelincir ke luar rel, saat kereta itu dihantam sebuah rangkaian kereta api regional.

"Sebuah kereta api penyelamat segera dikirim untuk menarik kereta api kembali ke relnya sekaligus membawa tim penyelamat untuk menolong korban luka," kata juru bicara SBB, Jean Philippe Schmidt.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Sejauh ini penyebab tabrakan ini masih dalam penyelidikan," tambah Schmidt.

"Kereta api tiba-tiba menggunakan rem darurat dan semua penumpang terlempar dari kursinya. Saya melihat satu orang terluka parah di kepalanya," kata salah seorang penumpang kepada situs berita 20minutes.ch.

Sementara penumpang lain mengatakan dia melihat seorang perempuan tua tergeletak tak sadarkan diri dan tubuhnya mengeluarkan banyak darah.

Akibat kecelakaan itu, stasiun itu harus ditutup sementara, sehingga semua lalu lintas kereta api dari Schaffhouse ke Dachsen di Zurich dan Schaffhouse ke Jestetten, Jerman dibatalkan.

 



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.