Kompas.com - 03/01/2013, 22:23 WIB
EditorErvan Hardoko

BAGHDAD, KOMPAS.com - Sebuah bom mobil meledak di sebuah lapangan parkir yang digunakan kendaraan pengangkut para peziarah Syiah yang akan pergi ke dan dari Karbala untuk menghadiri ritual Arbaen, Kamis (3/1/2013), menewaskan sedikitnya 15 orang peziarah dan melukai 47 orang lainnya.

Serangan di kota Musayyib itu terjadi ketika para peziarah baru tiba dari kota suci Syiah, Karbala setelah menghadiri ritual Arbaeen.

Sejauh ini tidak ada satu kelompokpun yang mengaku bertanggung jawab atas serangan itu. Namun, kelompok pemberontak Sunni kerap menyerang peziarah Syiah saat menghadiri ritual-ritual seperti ini.

Ini adalah serangan kedua di kota Musayyib dalam beberapa hari belakangan. Pada serangan 31 Desember lalu, tiga orang perempuan dan dua anak-anak ketika tiga rumah diledakkan hingga hancur.

Umat Syiah adalah minoritas di Irak yang sebagian penduduknya adalah umat Muslim Sunni. Kelompok minoritas Syiah kerap menjadi korban serangan berdarah seperti terjadi saat Irak dikungkung pertumpahan darah sektarian pada 2005 hingga 2008.

 

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.